BolaSkor.com - Benteng dalam permainan catur memiliki gerakan terbatas. Ia hanya bisa maju, mundur, kekanan dan kekiri dalam satu garis lurus. Meski begitu, benteng punya peranan besar dalam permainan di papan hitam putih tersebut.

Bila memakai analogi benteng dalam permainan catur, Liverpool juga punya sosok tersebut dalam diri Virgil van Dijk. Pemain tim nasional Belanda itu membuat pertahan The Reds kokoh.

Selain postur besar dan rambut ikal, tak banyak yang bisa menjadi ciri khas Van Dijk. Sang pemain lebih banyak menutup mulut, namun fokus menjaga barisan pertahanan.

Van Dijk meniti karier bersama klub asal Belanda, Willem II. Setelah itu, ia menuju FC Groningen dan Celtic. Pada awal September 2015, Southampton menarik sang pemain dengan mahar 14,5 juta pounds.

Southampton dan Premier League membuat kemampuan Van Dijk berkembang. Kendati berbadan besar, dia mampu menyaingi kecepatan para penyerang lawan.

Penampilan Van Dijk yang mengilap membuat Liverpool tersengsem. Seolah menjadikan Southampton sebagai pasar belanja pemain, The Reds rela menggelontorkan dana hingga 70,92 juta pounds untuk Van Dijk.

Pada awalnya, nilai transaksi menjadi celah bagi kaum skeptis untuk mengkritik Van Dijk. Dia dianggap tak pantas dibanderol sebesar itu. Namun kini, Van Dijk telah membungkam kritik yang ditujukan kepadanya.