Virus Corona Bikin Republik Ceko Terancam Kalah WO atas Skotlandia

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 05 September 2020
Virus Corona Bikin Republik Ceko Terancam Kalah WO atas Skotlandia
Timnas Republik Ceko (Twitter)

BolaSkor.com - Wabah virus corona menyerang skuat Timnas Republik Ceko yang tengah berlaga di ajang UEFA Nations League. Masalah tersebut membuat tim asuhan Jorslav Silhavy itu memilih mundur dari laga kontra Skotlandia, Senin (7/9) waktu setempat.

Ceko yang tergabung di grup 2 Liga B sebenarnya memulai kompetisi dengan baik. Mereka mempu mengalahkan Slovakia dengan skor 3-1 pada Sabtu (5/9) dini hari WIB.

Kemenangan tersebut untuk sementara membawa Ceko ke puncak klasemen. Hal itu tak lepas dari hasil imbang 1-1 yang diraih dua pesaing lainnya di grup ini yaitu Israel dan Skotlandia.

Baca Juga:

Jelang Ligue 1 2020-2021, PSG Konfirmasi 3 Pemain Positif Virus Corona

Gara-gara Cium Bola Pemain Kena Denda Rp17,6 Juta

Dua Pemain PSG Positif Virus Corona, Angel Di Maria Diduga Salah Satunya

Timnas Republik Ceko

Namun virus corona harus merusak start bagus Republik Ceko. Dua pemain yaitu Tomas Soucek dan Patrick Schick harus menjalani isolasi mandiri sebelum laga kontra Slovakia.

Kedua pemain tersebut diduga terpapar virus corona dari salah satu staf timnas yang sudah terbukti positif. Hal tersebut membuat pemain lain juga berpeluang mengalami hal yang sama.

Situasi tak kondusif itu membuat Slavia Praha memanggil pulang tujuh pemainnya usai laga kontra Slovakia. Hal ini dilakukan sebagai aksi pencegahan.

Langkah yang dilakukan Slavia Praha itu sudah sesuai regulasi terbaru FIFA terkait pemanggilan pemain ke timnas di masa pandemi. Setiap klub memang boleh menolak melepas pemainnya andai yang bersangkutan terancam kewajiban menjalani isolasi mandiri.

Alhasil, kehilangan tujuh pemain Slavia Praha dan dua nama yang positif corona membuat skuat Republik Ceko hanya tersisa 14 orang. Jumlah tersebut tentu tak ideal untuk melakoni sebuah pertandingan resmi di level Eropa.

Keputusan mundur akhirnya diambil Federasi sepak bola Republik Ceko. Padahal pada laga kontra Skotlandia, mereka akan bertindak sebagai tuan rumah.

"Timnas tidak akan bermain menghadapi Skotlandia hari Senin karena kekurangan pemain dan juga situasi terkini terkait virus corona. Timnas langsung menghentikan persiapan tim setelah kemenangan atas Slovakia," bunyi pernyataan resmi Timnas Republik Ceko lewat Twitter.

Mundurnya Ceko dari laga kontra Skotlandia membuat mereka terancam kalah WO (walk out) karena tidak hadir di lapangan. Belum diketahui bagaimana respons UEFA terkait masalah ini.

Republik Ceko Virus Corona UEFA Nations League Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan