BolaSkor.com - "WHO mengawasi wabah ini sepanjang hari penuh dan kami sangat khawatir karena tingginya tingkat penyebaran dan tingkat keseriusan, dan khawatir karena minimnya tindakan yang diambil."

"Oleh karena itu, kami menetapkan bahwa Covid-19 dapat dikategorikan sebagai pandemi."

Itulah kutipan dari kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, yang dikutip dari BBC. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah menggolongkan Virus Corona sebagai pandemi.

Menurut WHO, pandemi adalah skala penyebaran penyakit yang terjadi secara global di seluruh dunia. Namun, ini tidak memiliki sangkut paut dengan perubahan pada karakteristik penyakitnya.

Baca Juga:

Virus Corona Semakin Parah di Italia, Serie A Ditangguhkan hingga 3 April 2020

Bukan Hanya Serie A, Seluruh Ajang Olahraga di Italia Berhenti

Status pandemi ini merupakan sikap tegas atas penyebaran Virus Corona yang kini sudah mengkhawatirkan di benua Asia, Eropa, Amerika, dan Australia.

Memang Virus Corona pertama kali muncul di Wuhan, China, dan menyebar ke Korea Selatan hingga Jepang. Namun dalam tahap kedua ini, Virus Corona sudah merajalela ke Eropa.

Benua Eropa menjadi wilayah terparah di tahap kedua yang terpapar Virus Corona. Beberapa negara seperti Italia, Portugal, Inggris, Belanda, Prancis, Jerman, hingga Spanyol terserang Virus Corona.

Dikutip dari CNN, di Benua Eropa ada 22.307 kasus positif Virus Corona, dengan 930 korban meninggal. Namun yang paling parah terjadi di Italia. Di mana, ada 12.462 kasus positif Virus Corona, dengan jumlah kematian 827 orang.

Baca Juga:

Cara Son Heung-min Bantu Kurangi Penyebaran Virus Corona di Korea Selatan

Pemilik Olympiacos Positif Virus Corona, Arsenal Bersihkan Stadion Emirates

Efek Domino kepada Sepak Bola

Alhasil, Virus Corona menyebabkan beberapa kegiatan internasional hingga domestik terpaksa dibatalkan atau ditunda. Tak lain dalam dunia sepak bola.

Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte mengambil keputusan tegas menunda seluruh events olahraga ditunda, termasuk Serie A sampai tanggal 3 April 2020.

“Kami juga memiliki langkah-langkah yang lebih ketat untuk acara olahraga. Serie A dan semua turnamen olahraga pada umumnya ditangguhkan. Semua penggemar harus menerima itu. Tidak ada alasan untuk melanjutkan kompetisi ini."

Virus Corona

Tak ketinggalan, LaLiga Spanyol yang melarang adanya penonton di dua pekan pertandingan, terhitung dari akhir pekan ini, 14-15 Maret 2020.

"Menurut informasi daru Dewan Olahraga Nasional, LaLiga akan dimainkan tertutup. Itu akan berlangsung paling tidak selama dua pekan," demikian pengumuman LaLiga.

"LaLiga akan terus berhubungan dengan Kementerian Kesehatan. Kami menjadikan kesehatan pemain, karyawan klub, jurnalis, dan semuanya sebagai prioritas."

Virus Corona

Lalu ada Ligue 1 Prancis yang juga menggelar pertandingan dengan batas penonton 1000 penonton. Bahkan, jika kasus Virus Corona di Prancis meningkat, bukan tidak mungkin seluruh pertandingan Ligue 1 bakal tanpa penonton hingga ditunda. Menteri Olahraga Prancis, Roxana Maracineanu mengonfirmasi keputusan tersebut.

Virus Corona

Kemudian, Premier League yang menunda laga Manchester City kontra Arsenal. Pasalnya, salah satu staf Arsenal melakukan kontak dengan positif Virus Corona, yang bukan tidak lain pemilik Olympiacos.

"Pertandingan Premier League malam ini antara Manchester City melawan Arsenal akan ditunda sebagai tindakan pencegahan menyusul pengumuman pada Selasa bahwa Evangelos Marinakis telah terkena COVID-19," bunyi pernyataan resmi Premier League.

"Tiga belas hari yang lalu, Olympiacos melawan Arsenal di Emirates Stadium pada pertandingan Liga Europa di mana pemilik klub Yunani itu bertemu beberapa anggota dan staf Arsenal."

Virus Corona

Beberapa laga Liga Champions dan Liga Europa mulai digelar tanpa penonton. Bahkan, UEFA berencana menghentikan Liga Europa.

"Kami tengah mengatasi ini dan kami percaya diri bisa mengatasinya," ungkap presiden UEFA, Aleksander Caferin dilansir dari Marca.

"Anda tidak tahu seberapa besar kekhawatiran yang kami miliki. Kami punya masalah keamanan, ketidakstabilan politik dan juga virus ini. Mari coba bersikap optimistis, jangan pikirkan skenario terburuk – ada waktu untuk itu nantinya."

Virus Corona
Caption

Terbaru, bek Juventus, Daniele Rugani, dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Pernyataan tersebut langsung diungkapkan oleh Bianconeri melalui pernyataan resmi.

"Pesepak bola Daniele Rugani telah menjalani tes dan dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Saat ini, ia tidak menunjukkan gejala," tulis Juventus dalam pernyataan resmi.

Kompetisi Sepak Bola Indonesia yang Terus Berjalan