BolaSkor.com - Badan Anti Doping Dunia (WADA) menuliskan kekecewaannya terhadap kasus korupsi pada cabang olahraga (cabor) angkat besi. WADA menyebut akan mengusut tuntas kasus yang berhubungan dengan doping itu.

Laporan independen hasil investigasi Richard McLaren mengungkapkan kasus korupsi pada Federasi Angkat Besi Internasional (IWF). Menurut laporan, kasus itu sudah berlangsung selama puluhan tahun.

Mantan Presiden IWF, Tamas Ajan, dituding sebagai biang keladi di balik kasus itu. Alhasil, banyak pihak mengungkapkan kekecewaan mereka.

Setelah sebelumnya Komite Olimpiade Internasional (IOC), kini giliran WADA yang merilis pernyataan resmi. Mereka menyebut skandal itu bagai tamparan bagi atlet yang bersih.

Baca Juga:

Angkat Besi Terancam Dicoret dari Olimpiade 2020

Ada Aturan IOC Larang Atlet Olimpiade Protes Kematian George Floyd

"WADA terkejut dengan hal-hal yang terungkap dari hasil investigasi tim McLaren. WADA mengutuk segala bentuk campur tangan dalam prosedur anti doping," tulis pernyataan WADA.

"Pengungkapan ini jelas menjadi tamparan bagi para atlet yang bersih. Juga untuk WADA serta orang-orang yang mendukung kampanye olahraga bersih."

"Informasi yang kami terima meliputi data periode 2009 hingga 2014 dana akan menggelar penyelidikan prioritas untuk kasus-kasu yang dekat dengan laporan itu," lanjut pernyataan tersebut.

Ajan sudah menjadi pengurus di IWF sejak dekade 1970an. Namun dia menyangkal telah melakukan tindakan korupsi besar-besaran yang dituduhkan kepadanya.