Wajah Baru Rasa Lama di MotoGP 2023

Andhika PutraAndhika Putra - Sabtu, 19 November 2022
Wajah Baru Rasa Lama di MotoGP 2023

BolaSkor.com - MotoGP akhirnya resmi mengumumkan lineup tim dan pembalapnya di musim 2023. Akan ada satu tim baru yang hadir menghiasi ajang balap motor kasta tertinggi ini.

Perubahan besar terjadi pada jumlah tim dan pembalap yang turun di musim 2023 nanti. Akibat hengkangnya Suzuki dari kelas premier, MotoGP hanya akan diikuti 11 tim dan 22 pembalap.

Menariknya di musim depan nanti akan hadir satu penantang baru, mereka adalah tim GASGAS. Nantinya GASGAS akan berstatus sebagai tim pabrikan KTM.

GASGAS bukanlah pabrikan baru dalam dunia balap motor. Saudara dari pabrikan KTM ini kerap mengikuti Kejuaraan balap trial, enduro, motocross, dan supercross, hingga akhirnya melebarkan sayapnya ke kelas Moto2 pada musim 2021 lalu. Berbekal pengalaman ini, GASGAS akhirnya memutuskan naik ke kelas premier dengan melebur bersama Tech3.

Dalam persaingan musim depan, GASGAS melakukan langkah berani dengan memboyong juara Moto2 musim 2022, Augusto Fernandez. Nantinya pembalap asal Spanyol itu akan ditandemkan dengan Pol Espargaro.

Sementara Ducati tidak melakukan perubahan besar. Tim asal Borgo Panigale ini tetap mempertahankan empat timnya di musim depan (1 tim pabrikan + 3 tim satelit). Hanya saja Ducati mengubah susunan para pembalapnya.

Tercatat di tim pabrikan, Ducati menarik Enea Bastianini. Pembalap berjuluk Bestia ini akan menjadi tandem Francesco Bagnaia di musim depan. Gresini Racing yang kehilangan sosok Bastianini memutuskan merekrut Alex Marquez. Saudara dari Marc Marquez ini resmi pindah dari tim satelit Honda. Sementara untuk dua tim satelit lainnya, Ducati tidak melakukan perubahan sama sekali. Tim beratribut merah ini tetap mempertahankan para pembalap lamanya.

Tidak hanya Ducati, Honda juga melakukan perombakan di tim satelit dan pabrikannya. Tercatat mereka merekrut para jawara Suzuki. Joan Mir ditandemkan dengan Marc Marquez, sementara Alex Rins akan menjadi rekan satu tim Takaaki Nakagami.

RNF yang sebelumnya menjadi tim satelit Yamaha akhirnya mengubah haluannya. Tim yang dikomandoi Razlan Razali ini memutuskan berlabuh ke Aprilia di musim 2023. Nantinya mereka akan mempergunakan jasa Raul Fernandez dan Miguel Oliveira.

Sedangkan Monster Energy Yamaha dan Aprilia Racingmemutuskan tidak merombak susunan pembalapnya. Kedua tim ini masih percaya dengan para pembalapnya.

Berikut line up lengkap musim 2023:

Monster Energy Yamaha

1. Fabio Quartararo
2. Franco Morbidelli

Repsol Honda

1. Marc Marquez
2. Joan Mir

LCR Honda

1. Alex Rins
2. Takaaki Nakagami

Aprilia Racing

1. Aleix Espargaro
2. Maverick Vinales

RNF Aprilia

1. Miguel Oliveira
2. Raul Fernandez

Red Bull KTM Factory Racing

1. Brad Binder
2. Jack Miller

Tech3 GASGAS Factory Racing

1. Pol Epargaro
2. Augusto Fernandez

Lenovo Ducati

1. Francesco Bagnaia
2. Enea Bastianini

Mooney VR46 Racing

1. Luca Marini
2. Marco Bezzecchi

Gresini Racing

1. Fabio di Giannantonio
2. Alex Marquez

Pramac Racing

1. Johann Zarco
2. Jorge Martin

Penulis: Bintang Rahmat

Breaking News Motogp
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan