BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpoora), Zainudin Amali, menitip pesan kepada tim nasional basket Indonesia. Menpora meminta Andakara Prastawa dkk. menang pada ajang empat tahunan tersebut.

FIBA Asia Cup 2022 akan berlangsung di Istora Senayan, Jakarta pada 12 Juli. Sebagai tuan rumah, Indonesia memutuskan bergabung di Grup A.

Di grup tersebut, tim nasional basket Indonesia akan berhadapan dengan Australia, Saudi Arabia, dan Yordania. Bagi tim nasional basket Indonesia, FIBA Asia Cup 2022 bukan sekadar turnamen biasa.

Pertaruhan besar dilempar di FIBA Asia Cup 2022. Tim nasional basket Indonesia harus melangkah sejauh mungkin demi mengamankan tiket ke FIBA World Cup 2023.

“Pesannya sih sederhana, mereka harus menang. Sebab, kalau tidak menang, (timnas) nggak main di FIBA World Cup. Kita hanya sebagai penyelenggara (tuna rumah), kan menyedihkan,” kata Menpora Amali usai melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Danny Kosasih, Sekjen Perbasi, Nirmala Dewi, dan Ketua Panitia Pelaksana FIBA Asia Cup 2022, Junas Miradiarsyah di kantor Kemenpora, Senayan Jakarta Pusat, Kamis (23/6).

Kepercayaan diri tinggi kini harus dipupuk tim nasional basket Indonesia. Terlebih momentum merebut medali emas di SEA Games 2021 Vietnam akan menjadi modal berharga.

“Ini satu semangat tentu buat kita satu tanda baik dan hari ini adalah pertandingan terakhir sebelum mereka kembali ke sini. Setelah kembali mereka akan recovery, kemudian akan mengikuti qualifiers dengan dua negara lagi,” ujar Menpora.