Wakil Indonesia Pemenang Thailand Open dalam 5 Edisi Terakhir

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Kamis, 24 Desember 2020
Wakil Indonesia Pemenang Thailand Open dalam 5 Edisi Terakhir
Greysia Polii/Apriyani Rahayu. (PBSI)

BolaSkor.com - Thailand Open bakal menjadi pembuka rangkaian tur BWF pada Januari 2021. Pebulu tangkis asal Indonesia memiliki catatan cukup apik pada kejuaraan tersebut.

Wakil Indonesia berjaya di Thailand Open pada dekade 1980an sampai 1990an. Saat itu, di berbagai sektor, wakil Indonesia gantian memenangi ajang tersebut.

Contohnya adalah ketika pebulu tangkis Indonesia menyapu bersih nomor tunggal putra, tunggal putri, dan ganda putra di Thailand Open pada 1991 sampai 1994.

Baca Juga:

Kisah Romantis Greysia Polii di Tengah Pandemi

Susy Susanti Mundur dari PBSI, Rionny Naik Jabatan

Memasuki dekade 2000an, prestasi wakil Indonesia di Thailand Open mengalami perubahan. Apabila sebelumnya nomor tunggal yang berkuasa, kini giliran sektor ganda menjadi andalan.

Setelah 10 edisi tanpa pemenang dari Indonesia, sektor tunggal kembali menunjukkan taji pada 2012. Saat itu, Sony Dwi Kuncoro keluar sebagai pemenang di tunggal putra.

Thailand Open sendiri bakal naik kelas pada penyelenggaraan Januari 2021. Apabila sebelumnya ajang itu berstatus Super 500, kini bakal menjadi Super 1000.

Menjelang kembalinya kejuaraan bulu tangkis di Bangkok, BolaSkor.com mengajak pembaca sedikit bernostalgia. Berikut ini adalah wakil Indonesia yang berjaya di Thailand Open dalam lima edisi terakhir:

Wahyu Nayaka/Ade Yusuf

Wahyu Nayaka/Ade Yusuf

Pada Thailand Open 2015, Wahyu Nayaka/Ade Yusuf hanya menjadi unggulan kelima. Bahkan, saat itu mereka kalah dari rekan senegaranya, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi yang menjadi unggulan kedua.

Pada semifinal, terdapat tiga wakil Indonesia saat itu. Selain Wahyu/Ade dan Angga/Ricky, terdapat calon andalan Indonesia, Markus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Saat itu Wahyu/Ade menyingkirkan Markus/Kevin di semifinal. Pada laga puncak, keduanya mengalahkan wakil Malaysia, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong, dengan skor 20-22, 23-21, 21-16.

Berry Angriawan/Rian Agung Saputro

Berry Angriawan/Rian Agung Saputro

Tahun berikutnya, gelar Thailand Open kembali menjadi milik Indonesia untuk nomor ganda putra. Kali ini, giliran Berry Angriawan/Rian Agung Saputro yang keluar sebagai pemenang.

Berry/Rian adalah unggulan kedua pada Thailand Open 2016. Menariknya, di semifinal terdapat pasangan Indonesia lainnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang sayangnya terhenti.

Pada laga puncak, Berry/Rian membalas kekalahan junior mereka dari pasangan Jepang, Takuto Inoue/Yuki Kaneko. Ganda putra Indonesia itu menang dengan skor 21-17, 14-21, 18-21.

Berry Angriawan/Hardianto

Berry Angriawan/Hardianto

Berry Angriawan kembali memenangi Thailand Open pada tahun berikutnya. Namun, pada edisi 2017, pasangan Berry bukan lagi Rian, tetapi Hardianto.

Berganti pasangan membuat Berry hanya menjadi unggulan kelima meski berstatus juara bertahan. Di semifinal, dia dan Hardianto mengalahkan unggulan keempat, Marcus Ellis/Chris Langridge.

Di final perjuangan Berry/Hardianto lebih mudah. Menghadapi pasangan Jerman, Raphael Beck/Peter Kaesbauer, mereka menang dua gim langsung, 16-21, 16-21.

Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Tidak salah memang menjadikan Greysia Polii/Apriyani Rahayu andalan di nomor ganda putri. Pasangan tersebut dua kali memenangi Thailand Open, pada 2017 dan 2018.

Menariknya, Greysia/Apriyani baru dipasangkan pada Mei 2017. Sementara itu, Thailand Open berlangsung satu bulan berselang. Namun, di final keduanya mengalahkan wakil tuan rumah, Chayanit Chaladchalam/Phataimas Muenwong dengan skor 21-12, 21-12.

Sementara itu, pada final Thailand Open 2018, Greysia/Apriyani menghadapi lawan lebih berat, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi. Hebatnya, mereka menang dua gim langsung, 13-21, 10-21.

Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja

Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja

Seperti Greysia/Apriyani satu tahun sebelumnya, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja baru dipasangkan pada 2018. Namun, Hafiz/Gloria langsung masuk semifinal Malaysia Masters dan Indonesia Open.

Hasilnya, Hafiz/Gloria pun masuk daftar unggulan Thailand Open 2018. Namun, saat itu keduanya hanya menjadi unggulan kedelapan, di bawah rekan senegaranya, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Hafiz/Gloria sukses membuat kejutan dengan lolos ke final. Pada laga puncak mereka mengatasi perlawanan unggulan pertama, Chris Adcock/Gabrielle Adcock dengan skor 12-21, 12-21.

Breaking News Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjadja Berry Angriawan Rian Agung Saputro Greysia Polii/Apriyani Rahayu Ade Yusuf Santoso Bulu Tangkis Trivia Bulu Tangkis Thailand Open
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan