BolaSkor.com - Barcelona secara resmi memecat Ronald Koeman dari kursi pelatih pada Kamis (28/10) dini hari WIB. Keputusan ini dibuat tak lama setelah takluk dari Rayo Vallecano.

Rumor pemecatan Koeman sebenarnya sudah terdengar sejak jauh-jauh hari. Namun Joan Laporta selaku presiden klub selalu memberikan dukungan.

Termasuk saat Barcelona takluk 1-2 dari Real Madrid pada laga bertajuk El Clasico, akhir pekan lalu. Tuntutan suporter untuk memecat Koeman seolah tak didengar manajemen.

Baca Juga:

Resmi, Barcelona Pecat Ronald Koeman

Hasil Pertandingan: Man City Tersingkir, Inter Bangkit, Barcelona Kalah Lagi

Menanti Gelontoran Gol dari Memphis Depay

Ronald Koeman

Kesabaran Laporta dan jajarannya akhirnya habis usai melihat Barcelona dipermalukan Rayo Vallecano. Mereka sulit memaafkan hasil ini meski Memphis Depay dan kawan-kawan sebenarnya tampil mendominasi.

Pejabat Barcelona langsung melakukan rapat darurat usai kekalahan tersebut. Dua jam berselang, Blaugrana secara resmi mengumumkan pemecatan Koeman.

Sederet statistik dan fakta menarik mengiringi kiprah Koeman di Barcelona. BolaSkor.com telah merangkumnya di bawah ini:

1. Ronald Koeman telah memimpin Barcelona dalam 67 laga resmi di semua kompetisi. Hasilnya, ia mencatatkan 40 kemenangan, 11 kali imbang dan 16 kekalahan.

2. Total 141 gol dicetak Barcelona selama ditangani Koeman. Namun mereka juga kebobolan 77 gol.

3. Koeman mampu mempersembahkan satu gelar untuk Barcelona yaitu trofi Copa del Rey 2021. Kesuksesan itu diraih usai mengalahkan Athletic Bilbao dengan skor 4-0 pada laga final.

4. Sepanjang menangani Barcelona, Koeman hanya mampu mendatangkan empat pemain anyar yaitu Sergino Dest, Sergio Aguero, Eric Garcia, dan Memphis Depay. Tiga nama terakhir diboyong secara gratis.

5. 21 juta euro menjadi dana yang dihabiskan Koeman di bursa transfer selama menangani Barcelona. Angka tersebut dikeluarkan saat memboyong Sergino Dest dari Ajax Amsterdam.

6. Sebanyak tujuh produk akademi La Masia telah mencatatkan debut di tim utama Barcelona sepanjang Koeman bertugas sebagai pelatih. Mereka adalah Ilaix Moriba, Oscar Mingueza, Konrad de la Fuente, Alex Collado, Nico Gonzalez, Gavi, dan Alejandro Balde.

7. Skor 6-1 kontra Real Sociedad pada LaLiga 2021-2022 menjadi kemenangan terbesar yang diraih Barcelona asuhan Koeman.

8. Barcelona tak pernah memenangi El Clasico saat dilatih Koeman. Dari tiga laga, mereka selalu takluk dari Real Madrid.