Wasit Berhak Hentikan Pertandingan Jika Terjadi Aksi Rasial pada Piala Dunia 2018

Andhika PutraAndhika Putra - Kamis, 07 Juni 2018
Wasit Berhak Hentikan Pertandingan Jika Terjadi Aksi Rasial pada Piala Dunia 2018
Gianni Infantino (Zimbio)

BolaSkor.com - Presiden FIFA, Gianni Infantino, menjamin Piala Dunia 2018 bakal bebas dari aksi rasial. Seandainya hal itu terjadi, badan sepak bola tertinggi di dunia itu memberikan hak penuh kepada wasit untuk menghentikan pertandingan.

Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rusia memunculkan beberapa kekhawatiran, salah satunya isu rasial yang selalu marak terjadi di negara Vladimir Putin tersebut. Suporter tim nasional Rusia juga terkenal tak segan untuk mengeluarkan yel-yel bernada rasis kepada pemain lawan.

Atas aksi tersebut, suporter tim nasional Rusia telah beberapa kali mendapat denda dari FIFA. Akan tetapi, hal tersebut tidak menjamin kejadian yang sama bakal terulang pada Piala Dunia 2018.

Ketakutan akan aksi rasial ini juga membuat beberapa pemain keturunan tak berani membawa keluarga mereka ke Rusia. Salah satunya adalah bek tim nasional Inggris, Danny Rose.

"Saya tak akan mengatakan kami sangat prihatin terhadap diskriminasi, hak asasi manusia, dan keamanan, tetapi kami bakal melakukan tindakan tegas. Kami telah melakukan rapat dan membuat keputusan," ujar Infantino dikutip dari SkySports. Kamis (7/6).

"Kami membuat tiga keputusan jelas di tempat. Setiap wasit berhak menghentikan pertandingan, menunda, atau bahkan meninggalkan lapangan jika terjadi aksi diskriminasi," sambungnya.

Sebagai bentuk keseriusan, FIFA juga akan menindak setiap suporter yang melakukan aksi rasial di lapangan. Terakhir, suporter Rusia mendapat denda Rp 2,2 miliar karena meneriakan yel-yel rasis.

"Kami memiliki sistem monitoring. Jadi setiap aksi rasial yang dilakukan suporter bakal mendapat sanksi secepatnya," tutur Infantino.

Serba-Serbi Piala Dunia 2018 Pemain serba bisa Breaking News Piala Dunia Piala Dunia 2018 Fifa Gianni Infantino
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.247

Bagikan