Wasit Final Piala Dunia 2022 Respons Petisi Pengulangan Duel Argentina Vs Prancis

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 24 Desember 2022
Wasit Final Piala Dunia 2022 Respons Petisi Pengulangan Duel Argentina Vs Prancis
Wasit final Piala Dunia 2022, Symon Marciniak. (Twitter)

BolaSkor.com - Wasit final Piala Dunia 2022, Szymon Marciniak tak tinggal diam dengan munculnya petisi yang meminta duel antara Argentina kontra Prancis diulang. Ia merasa kredibilitasnya dipertaruhkan.

Lebih dari 200 ribu orang telah menandatangani petisi untuk meminta laga final Piala Dunia 2022 diulang. Alasannya adalah karena pertandingan yang berlangsung di Lusail Stadium itu terindikasi ada kecurangan.

Orang-orang yang menandatangani petisi tersebut bisa dipastikan merupakan suporter Timnas Prancis. Mereka tampak belum bisa menerima kenyataan, tim jagoannya takluk dari Argentina lewat drama adu penalti.

Baca Juga:

214 Ribu Orang Tanda Tangani Petisi Pengulangan Duel Argentina Vs Prancis

Sisi Gelap Kesuksesan Timnas Argentina Juara Piala Dunia 2022

Pulang dari Piala Dunia 2022 Qatar, Pemain Manchester City Kelebihan Berat Badan

Masalahnya, petisi tersebut menyebut adanya kesalahan wasit yang merugikan Prancis. Hal yang dimaksud disahkannya gol kedua Lionel Messi pada babak perpanjangan waktu meski dua pemain cadangan Argentina masuk ke lapangan.

Media besar Prancis, L'Equipe, menilai gol Messi harusnya dianulir wasit. Mereka mengacu dari pasal tiga ayat sembilan Laws of the game.

Dalam peraturan tersebut, tertulis bahwa Jika wasit menjadi sadar ada orang tambahan di lapangan pada saat gol dicetak, maka wasit harus menganulirnya. Jika orang tambahan itu adalah pemain cadangan, pemain yang dikeluarkan dari lapangan atau ofisial dari tim yang mencetak gol, permainan harus dimulai kembali dengan tendangan bebas langsung dari tempat orang tambahan berada.

Regulasi ini kemudian menjadi dasar utama munculnya petisi permintaan laga final diulang. Suporter Prancis menganggap wasit telah mengambil keputusan keliru.

Namun Marciniak tak tinggal diam usai kepemimpinannya dipertanyakan. Ia merespons tuduhan tersebut dengan elegan.

Dalam sebuah sesi jumpa pers usai kembali ke negaranya Polandia, ia menunjukkan sebuah foto saat Kylian Mbappe mengeksekusi penalti untuk mengubah skor menjadi 3-3. Dalam foto tersebut terlihat banyak pemain cadangan Prancis yang masuk ke lapangan saat eksekusi dilakukan.

"Prancis tidak menyebutkan foto ini, di mana Anda dapat melihat bagaimana ada tujuh orang Prancis di lapangan saat Mbappe mencetak gol," kata Marciniak dilansir dari Mirror.

Tak sampai di situ, Marciniak ternyata tahu ada pemain cadangan yang masuk ke lapangan pada momen dua gol tersebut. Namun ia punya alasan kuat untuk tak menganulirnya.

"Pertama-tama, untuk menganulir gol pada momen seperti ini, situasinya harus memengaruhi permainan. Lalu apa dampak dari para pemain yang bangkit dan melompat ke lapangan?" sambung Marciniak balik bertanya.

"Wasit hebat dari Prancis, menulis kepada saya pujian yang sangat bagus. Banyak profesional dan pesepak bola mengirimkan ucapan selamat kepada kami dan Kylian Mbappé berkata bahwa kami adalah wasit yang hebat."

"Prancis berterima kasih kepada kami setelah pertandingan, mereka puas dengan wasit," tegasnya.

Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Timnas Argentina Timnas Prancis Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan