Wasit Jepang Pimpin Dua Laga Liga 1, PSSI Berharap Ada Peningkatan Kualitas

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 11 Desember 2023
Wasit Jepang Pimpin Dua Laga Liga 1, PSSI Berharap Ada Peningkatan Kualitas
Wasit Jepang Yusuke Araki memimpin laga Persita Tangerang Vs Persikabo 1973. (PSSI)

BolaSkor.com - PSSI berharap ada peningkatan kualitas perangkat pertandingan menyusul hadirnya wasit asing asal Jepang. Dua wasit asal Jepang memimpin laga Liga 1 2023/2024 pekan ke-22.

Dua wasit yang dimaksud adalah Futoshi Nakamura dan Yusuke Araki. Mereka masing-masing memimpin laga Persib Bandung kontra Persik Kediri di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung serta partai Persita Tangerang melawan Persikabo 1973 di Indomilk Arena, Tangerang pada Minggu (10/12).

Dua wasit asal Jepang itu dibantu asisten wasit Indonesia. Di laga Persib Vs Persik, Nakamura dibantu oleh Frengki Fredianto (Asisten Wasit 1), M Akbar Jamaluddin (Asisten Wasit 2), dan Aprisman Aranda (Cadangan Wasit).

Baca Juga:

Pengakuan Bojan Hodak Setelah Persib Bandung Kalah dari Persik Kediri

Persik Kediri Tak Bakal Lupa Kemenangan di Markas Persib Bandung

Sedangkan di laga Persita Vs Persikabo, Araki dibantu oleh Fuad Qohar (Asisten Wasit 1), Nurhadi (Asisten Wasit 2), dan Candra (Cadangan Wasit).

“Ini adalah sebuah bentuk kerja sama kita untuk meningkatkan kualitas perangkat pertandingan. Tidak sekadar wasit asing memimpin tapi berkolaborasi dengan wasit lokal," kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir di laman PSSI.

Kolaborasi bisa meningkatkan kualitas SDM lokal. Terlebih Liga 1 akan mulai menerapkan VAR yang tentu menjadi solusi.

“Sepak bola kita akan meningkat kualitasnya jika diikuti juga dengan peningkatan SDM yang terlibat di dalamnya terutama perangkat pertandingan. Dengan usaha untuk meningkatkan kualitas wasit plus penggunaan VAR nanti kita berharap kompetisi kita semakin berkualitas dari segala sisi termasuk dari kualitas pertandingan yang punya standar tinggi.”

Penggunaan wasit asing di Liga 1 hanya sementara. Hal ini sebagai bagian dari transfer of knowledge dari wasit yang punya jam terbang tinggi di level dunia dengan wasit lokal.

Pssi Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan