Wasit Liga 1 Disorot, Pelatih PSM dan RD Kompak Minta Penggunaan VAR

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 16 Agustus 2022
Wasit Liga 1 Disorot, Pelatih PSM dan RD Kompak Minta Penggunaan VAR
Momen wasit Premier League tengah mengecek VAR. (Twitter)

BolaSkor.com - Wacana penggunaan teknologi Video Assistant Referee atau VAR di Liga 1 2022/2023 kembali mencuat. Ini setelah beberapa tim dan pelatih mengeluhkan kepemimpinan para wasit dan asistennya sampai laga pekan keempat.

Salah satu pelatih yang sangat mendukung penggunaan VAR di Liga 1 adalah Bernardo Tavares. Pelatih PSM Makassar tersebut menilai PSSI perlu menggunakan VAR untuk meminimalkan kesalahan yang mungkin dilakukan wasit atau para asistennya.

"Saya tidak bilang wasit Indonesia itu buruk. Wasit memang terkadang membuat kesalahan dan itu wajar. Tetapi jika kesalahannya banyak dan berulang-ulang, ya tidak bagus juga. Solusinya Liga 1 harus punya VAR," kata Tavares.

"Kenapa tidak pakai VAR? VAR bisa meningkatkan kualitas pertandingan dan semua akan terlihat jelas di video," ujarnya menambahkan.

Baca Juga:

Hasil Liga 1 2022/2023: PSM Permalukan RANS Nusantara di Pakansari

RD Minta Maaf RANS Nusantara Gagal Beri Kado Ulang Tahun untuk Rafathar

Kritik Wasit meski PSM Menang, Bernardo Tavares: Mencengangkan

Pelatih RANS Nusantara, Rahmad Darmawan, sepakat dengan Bernardo Tavares. RD, sapaan akrab Rahmad Darmawan, bahkan sudah mengusulkan sejak lama supaya VAR bisa diterapkan di Liga 1.

"Saya sudah usulkan dari dua tahun lalu. Saya selalu mendukung apa saja untuk kemajuan sepak bola Indonesia," ujarnya.

PSSI saat ini memilih menggunakan Additional Assistant Referee (AAR) atau wasit tambahan yang bertugas di samping gawang dua klub yang bertanding. Namun, keberadaan mereka dinilai tidak terlalu banyak membantu.

Pekan lalu PSSI bahkan 'mengistirahatkan' empat AAR. Selain itu ada lima wasit utama dan tiga asisten wasit yang turut diparkir.

Psm makassar Rans Nusantara Bernardo Tavares Rahmad darmawan VAR Liga 1 Pssi Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.175

Bagikan