Wasit yang Pernah Buat Kontroversi dan Untungkan UEA Pimpin Laga Timnas Indonesia di Al Maktoum

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 04 Oktober 2019
Wasit yang Pernah Buat Kontroversi dan Untungkan UEA Pimpin Laga Timnas Indonesia di Al Maktoum
Wasit Adham Mohammad Makhadmeh. (Istimewa)

BolaSkor.com - Partai antara Timnas Uni Emirate Arab (UEA) kontra Indonesia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 di Stadion Al Maktoum, Al Nasr, Kamis (10/10), akan dipimpin wasit asal Yordania. Adalah Adham Mohammad Makhadmeh yang akan memimpin jalannya pertandingan.

Ia akan didampingi Ahmad Muhsen dan Mohamad Alkalaf sebagai asisten. Sementara Ahmed Yacoub akan menjadi wasit keempat.

Adapun Lam Shi Ho dari Hong Kong menjadi perangkat bersama, Islamov sebagai pengawas pertandingan.

Baca Juga:

Zulfiandi Sebut Tak Ada Kendala Adaptasi dengan Pemain Baru Timnas Indonesia

Pemain Timnas Indonesia Tak Masalah dengan Cuaca di UEA

Wasit berusia 33 tahun punya segudang pengalaman memimpin pertandingan. Ia telah menjadi wasit FIFA sejak 2013 dan telah dipercaya AFC di berbagai ajang bergengsi seperti Liga Champion Asia, Kualifikasi Piala Dunia, dan Piala Asia 2019.

Adham Mohammad Makhadmeh pernah menorehkan banyak kontroversi selama menjadi wasit. Di fase grup Piala Asia 2019, secara mengejutkan ia menunjuk titik penalti untuk tuan rumah UEA.

Dalam pertandingan, UEA tertinggal lebih dulu dari Bahrain lewat Mohamed Al Romaihi pada menit ke-78. Ia kemudian menunjuk titik penalti pada menit ke-87.

Penunjukkan titik penalti terbilang telat, karena bola sudah dibuang pasca ditahan pemain Bahrain di dalam kotak. Sang wasit juga sudah memandang ke arah tengah lapangan sebelum berbalik badan dan menunjuk titik putih untuk UEA, yang kemudian dituntaskan Ahmed Khalil pada menit ke-78.

Ia juga sempat mendapat perhatian ketika memimpin laga Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 antara Vietnam dengan Brunei Darussalam. Tabrakan dirinya dengan pemain Brunei membuat laga berhenti beberapa menit.

Adham Mohammad Makhadmeh tampak bermasalah pada lutut. Ia akhirnya bisa melanjutkan kepemimpinan di lapangan setelah mendapat bantuan dari tim medis Vietnam.

Timnas Indonesia UEA Piala Dunia Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan