BolaSkor.com - Nama besar Persebaya Surabaya tak hanya manis ditingkatan pemain-pemain senior. Pada level junior, Persebaya juga menjadi junjungan talenta-talenta pemain muda potensial. Tim asal Kota Pahlawan itu kedatangan dua rising star sepak bola Indonesia yang tengah mengasah kemampuan di Spanyol.

Pada ajang Elite Pro Academy 2019 nanti, Persebaya diperkuat dua pemain klub La Liga Spanyol, CD Leganes. Mereka adalah stopper Syukran Arabia Samual dan winger Andrian Rusdianto. Keduanya akan membela Persebaya U-16 hingga Agustus mendatang. Mereka bahkan telah berlatih di Lapangan Persebaya, Karanggayam, Selasa (16/4) pagi.

Musim lalu di ajang Elite Pro Academy, Persebaya diperkuat pemain Timnas Indonesia U-16. Kiper Ernando Ari Sutaryadi dan gelandang Brylian Nagiehta Aldama. Keduanya bersama Vito Rendy Candra Ananda kini tengah menjalani program Garuda Select di Inggris.

Dengan kehadiran Syukran Arabia dan Andrian tentu menambah panjang daftar pemain-pemain muda potensial yang bergabung dengan Bajol Ijo.

Baca Juga: Wawancara Silvio Escobar: Kritik dan Motivasi Ketika Gol Sulit Dicatatkan di Persija

Bonek
Boneka untuk penderita kanker. (BolaSkor.com/Kurniawan)

Berikut wawancara BolaSkor.com dengan Syukran Arabia dan Andrian:

Selamat datang di Surabaya. Bagaimana kesannya Surabaya dan ikut latihan perdana bersama Persebaya U-16?

Syukran: Surabaya panas, Mas. Saya senang bisa gabung dengan Persebaya. Teman-teman asyik semua. Intruksi pelatih juga bisa dimengerti. Saya merasa nyaman di sini.

Andrian: Sudah lama saya tidak merasakan panasnya Surabaya, Mas. Kami baru ikut latihan hari ini dan langsung ujicoba. Semua di tim saling bantu untuk adaptasi kami.

Kenapa kalian memilih meninggalkan Akademi CD Leganes? Bukankah di Spanyol akan membuat kalian berdua lebih dekat impian semua pesepakbola Indonesia?

Syukran: Kami tidak meninggalkan Leganes, Mas. Kompetisi di Spanyol sedang libur sampai Agustus mendatang.

Andrian: Betul, Mas. Tim juga libur latihan. Makanya kami perlu menjaga kondisi agar tetap dalam peak performance.

Baca Juga: Wawancara Gede Widiade: Tertantang untuk Mengembalikan Kejayaan Sriwijaya FC

Persebaya Surabaya U-16
Persebaya Surabaya U-16. (BolaSkor.com/Kurniawan)

Apa yang membuat kalian memilih Persebaya?

Syukran: Sebenarnya ada beberapa beberapa klub yang tertarik untuk mendatangkan kami. Tetapi, Persebaya sudah jadi tim idola sejak kecil. Meski saya kelahiran Bogor, tapi saya suka Persebaya. Ditambah ada pemain yang saya idolai, Hansamu Yama Pranata. Persebaya adalah tim besar dan sangat profesional. Mereka didukung suporter setia yang banyak sekali. Selain itu, Persebaya U-16 juga diperkuat pemain-pemain muda yang bagus.

Andrian: Bisa membela Persebaya merupakan impian saya. Apalagi banyak teman, dan keluarga yang Bonek. Saya senang melihat mereka bermain, motivasinya sangat tinggi. Ini yang membuat saya memilih Persebaya. Mudah-mudahan dengan kehadiran kami, Persebaya U-16 lebih solid lagi.

Dengan waktu yang pendek, apa target kalian bersama Persebaya U-16 diajang Elite Pro Academy 2019?

Syukran: Kami harus memaksimalkan setiap kesempatan yang diberikan pelatih dengan tampil konsisten. Target saya bisa beri kemenangan. Musim lalu Persebaya U-16 sampai ke babak 8 besar. Tentu musim ini harus bisa lebih baik. Kami yakin bisa.

Andrian: Yang penting bisa membawa tim meraih kemenangan di setiap laganya. Saya ke sini untuk menampilkan permainan yang terbaik buat Persebaya U-16. Semoga apa yang saya pelajari di Spanyol bisa berguna untuk Persebaya U-16. Dan apa yang saya jalani di sini bisa membuat saya menjadi lebih baik lagi saat kembali ke Akademi Leganes, bisa jadi pemain profesional dan bisa bermain di starting eleven.

Baca Juga: Kisah Riko Simanjuntak: Perjuangan Mengesankan dari Kasta Kedua hingga Timnas Indonesia

Bonek
Bonek. (Instagram Persebaya)

Kalian berdua sempat membela Timnas Pelajar Kemenpora U-15. Harapan kalian di masa depan seperti apa?

Syukran: Saya masih menyimpan keinginan untuk membela Timnas Indonesia. Dengan tampil bersama Persebaya U-16, setidaknya akan terpantau. Makanya saya harus tampil maksimal bersama Persebaya U-16 nanti. Sebelumnya saya dan Andrian tampil pada ajang Bali International Football Championship (IFC) U-15 2019.

Andrian: Tentu saja membela Timnas Indonesia di masa depan. Saya harus terus menambah ilmu. Saya datang kesini tentu dengan harapan bisa mendapat pengalaman baru dan akan jadi peningkatan yang bagus dalam karier saya. Hal tersebut membuat saya sangat antusias.

Baiklah, terima kasih atas waktunya, Syukran dan Andrian. Semoga kalian berdua sukses bersama Persebaya U-16 dan Akademi Leganes.

Syukran: Sama-sama, Mas.

Andrian: Inggih, sami-sami (Iya, sama-sama), Mas. (Laporan Kontributor Kurniawan/Surabaya)