BolaSkor.com – Pemain naturalisasi di Indonesia memang sangat banyak, tapi tidak banyak yang bisa memberikan prestasi untuk tim yang ia bela. Salah satu yang menjadi sorotan ialah Alberto Goncalves.

Berhasil memberikan prestasi ketika bermain di Indonesia ia mendapatkan kesempatan untuk bermain di Timnas Indonesia. Satu yang tidak bisa dilupakan ialah saat ia berhasil membawa Timnas Indonesia bermain hingga babak 16 besar di Asian Games.

Pria yang kerap disapa Beto mau membagi pengalamannya tersebut bersama BolaSkor.com, berikut petikannya:

Mencetak gol perdana untuk Timnas Indonesia terjadi di Asian Games, Bagaimana rasanya?
Rasanya susah dijelaskan, sensasinya sangat unik dan saya sangat senang ketika saya berhasil untuk mencetak gol perdana saya dan yang paling penting saya senang bisa bikin banyak orang yang datang pada pertandingan kami bersorak merayakan kemenangan yang kami dapatkan.

Bermain di ajang resmi dan dapat dukungan dari suporter yang luar biasa, bagaimana rasanya?
Sangat luar biasa, memang saya sudah sering mendapat dukungan dari suporter di klub tapi ini lain. Mereka yang datang sangat juara, saya selalu senang senang didukung oleh suporter karena motivasi kami untuk bermain pasti akan bertambah.

Menjadi tumpuan bagi Timnas Indonesia apa merasa beban?
Kalau beban pasti ada tidak mungkin tidak ada. Apalagi saat ini saya sedang membawa nama negara dan saya bermain di depan ribuan orang yang sangat fanatik dengan sepak bola. Tapi saya sudah ada pengalaman bermain dalam tekanan dan saya yakin saya bisa mengontrol permainan saya.

Baca Juga:

Ruben Sanadi Gantikan Johan Alfarizi dalam Pemusatan Latihan Timnas Indonesia

Usai Bela Timnas Indonesia U-18 di Piala AFF U-18, Bagus Kahfi Dipanggil ke Timnas Senior

Sriwijaya, Persipura, Arema dan Persijap mana yang paling berkesan?
Semua tim itu sangat penting buat saya, bahkan saya sangat respect kepada semua tim yang sudah saya bela. Saya selalu masuk dan keluar dar klub itu dengan sangat baik. Tapi bagi saya yang paling berkesan itu Persijap karena saat itu saya baru pilih dari cedera dan banyak yang bilang kalau saya sudah selesai tapi mereka mau menerima saya dan saya bisa menerika kesempatan bermain lagi di Indonesia.

Apa yang membuat anda sangat ingin membela timnas Indonesia?
Saya sudah bermain lama disini, saya ingin melakukan hal baru. Tidak hanya itu saya saya memiliki kemauan untuk membawa tim ini bersinar. Memang saya punya target besar dalam karir saya dan salah satunya saya bisa berada di Timnas Indonesia ini karena ini merupakan satu target saya.

Selama berkarir di Indonesia, momen apa yang paling berkesan untuk anda?
Momen yang paling berkesan untuk saya adalah ketika tahun 2012 saya berhasil menjadi top skorer kembali bersama Persipura. Ini yang paling berkesan karena saya kembali mendapatkan cedera dan waktu itu saya absen lama tapi saya buktikan kalau saya masih ada.

Baca Juga:

Kembali Dipanggil Timnas Indonesia, Manahati Lestusen Siap Jaga Sikap

Ferdinand Sinaga Senang Bisa Kembali Perkuat Timnas Indonesia

Sekarang sudah masuk usia 30 tahun lebih tapi masih aktif bermain, apa kunci dan bagaimana tipsnya?
Kuncinya adalah harus bisa lebih profesional dari sebelumnya. Makanan harus dijaga latihan gym agar badan tetap kuat, istirahat yang cukup. Yang paling penting mereka semua harus cinta dan bahagia kepada sepak bola.

Melihat perkembangan sepak bola di Indonesia, pemainnya muda banyak bertalenta, apa pesan anda untuk mereka?
Indonesia punya banyak pemain bagus terutama pemain muda, saya pesan untuk mereka : tetap fokus, jangan menyerah kalau ada hal negatif di dalam karir kalian (saya salah 1 contoh, sudah pernah cedera parah, sudah 37 tahun, dan sekarang saya ada di timnas) dan harus profesional, pasti kalain akan sukses dan bisa bawa Timnas Indonesia ke puncak.