Wawancara Eksklusif Andreas Francisco: Kiper Termuda Arema FC yang Rela Jauh dari Rumah demi Karier

Frengky AruanFrengky Aruan - Sabtu, 21 Maret 2020
Wawancara Eksklusif Andreas Francisco: Kiper Termuda Arema FC yang Rela Jauh dari Rumah demi Karier
Andreas Francisco dalam latihan. (Media Official Arema FC)

BolaSkor.com - Andreas Francisco, mungkin belum banyak dikenal oleh publik sepak bola nasional. Dengan talenta besar, ia pun diprediksi akan menjadi satu kiper tangguh bagi Arema FC di masa depan.

Penjaga gawang yang akrab disapa Ciko itu memang belum debut secara profesional meski sudah membela Arema FC dalam dua tahun terakhir. Namun di pentas kompetisi Elit Pro Academy, jam terbangnya lumayan tinggi.

Namun dibalik suksesnya menembus skuat tim Singo Edan, ada kisah menarik dari kiper 19 tahun tersebut. Ia bahkan rela tinggal bertahun-tahun jauh dari rumah, demi meniti karier sebagai kiper profesional sejak berusia remaja.

Baca Juga:

Wawancara Eksklusif Awan Setho Raharjo: Pelajaran Tiga Pelatih Asing, Bhayangkara FC, dan Timnas Indonesia

Wawancara Eksklusif Asep Berlian: Waspada Virus Corona hingga Bicara Sosok Shin Tae-yong

Bolaskor.com mendapatkan kesempatan mengulik secuil kisah dari perjalanan kiper yang kini dibesut Felipe Martins Americo di skuat Arema FC tersebut. Demi meraih cita-cita itu, Ciko sampai rela tinggal bertahun-tahun jauh dari rumahnya di kawasan Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Kesempatan bertatap muka itu terjadi saat media ini mengunjungi Mes Arema FC di tengah masa libur kompetisi pada Selasa (17/3) lalu.

Halo Ciko, kami tidak pulang saat libur panjang saat ini?

Hampir setiap Minggu saya pulang Mas, sekarang jadi penunggu mes saja (bersama Utam Rusdiana, Mariando Djonak Uropmobin dan Gitra Yuda Furton)

Lalu, apa kesibukan apa yang dilakukan sambil menunggu jadwal latihan Arema?

Saya tetap latihan sendiri, menjaga kebugaran. Sambil menyimak berita-berita terkait isu virus corona yang ramai saat ini

Rumah kamu terhitung dekat (2 jam dengan motor). Tetapi kenapa jarang pulang?

Karena sudah terbiasa Mas, sejak kecil sudah jauh dari rumah. Saya SD di Mojokerto, kemudian SMP di Bojonegoro (130 kilometer atau 4 jam berkendara). Lalu SMA sampai sekarang di Malang (60 kilometer atau 1-2 jam berkendara) dan pulang satu Minggu sekali

Tidak pulang, apakah terpengaruh isu virus Corona?

Saya tetap menjalankan aktivitas seperti biasa. Terkait Corona, mungkin pengaruhnya hanya kesulitan mencari masker, sekarang langka di mini market. Padahal saya gunakan untuk menjaga kesehatan

Masih remaja belasan tahun, kenapa memilih sekolah yang jauh dari rumah?

Karena saat SMP, saya semakin serius di sepak bola dengan menempuh pendidikan di SSB (Sekolah Sepak Bola) Bhayangkara di Bojonegoro. SSB itu milik seorang anggota polisi yang rumahnya memang disitu. Setelah itu, saya melanjutkan pendidikan di SSB milik Coach Alan (Haviludin, pelatih kiper Bhayangkara FC saat ini)

Baca Juga:

Arema FC Tunda Agenda Latihan demi Kesehatan Bersama

Penjelasan Dokter PSS Sleman soal Hasil Medical Check-Up Terkait Virus Corona

Lalu, bagaimana ceritanya sampai bisa menembus Arema FC?

Beliau lah yang membawa saya ke Arema (Alan Haviludin menjabat pelatih kiper Arema pada 2014 sampai awal 2016). Saya bermain di tim junior Arema, U-17 dua tahun (2015-2016), U-18 (2017), dan U-20 (2018-2019)

Dari empat kiper Arema FC, kamu paling muda. Sangat optimistis untuk menembus skuat inti?

Kalau optimistis, ya pasti lah. Saya semakin termotivasi sejak tahun ini. Dua kali saya masuk line-up (daftar susunan 18 pemain) meski belum dapat kesempatan bermain. Satu kali saat melawan Persija (Piala Gubernur Jatim) dan melawan Tira Persikabo (menang 2-0 saat pekan pertama Liga 1)

Kamu masih berusia 19 tahun, tapi sudah masuk tim senior. Apakah ini terlalu cepat?

Ya mungkin ini sudah rezeki, saya berusaha maksimal untuk bermain di Liga 1. Jika diminta bermain di EPA U-20 lagi, saya pun siap. Meski sebenarnya ada kiper-kiper muda lain yang mestinya juga dapat kesempatan bermain di kompetisi itu. (Laporan Kontributor Kristian Joan/Malang)

Andreas Francisco Arema FC Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan