Wawancara Eksklusif Hendro Kartiko: Bicara Rahasia Menarik di Balik Para Kiper Timnas

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Minggu, 18 Agustus 2019
Wawancara Eksklusif Hendro Kartiko: Bicara Rahasia Menarik di Balik Para Kiper Timnas
Hendro Kartiko dan Staf Pelatih Timnas indonesia U-23 (BolaSkor.com/ Istimewa)

BolaSkor.com – Menjadi bagian dari Timnas Indonesia memang sebuah hal membanggakan, baik itu menjadi seorang pemain ataupun seorang pelatih. Tidak banyak yang bisa melakukan hal itu, salah satu yang beruntung ialah Hendro Kartiko.

Baru pertama kali menjadi staf kepelatihan Timnas Indonesia U-23 menjadi hal baru dan kebanggan tersendiri untuknya. Banyak hal baru yang ia temukan dan mantan penjaga gawang Timnas Indonesia ini mau membaginya, berikut petikannya...

Susah atau tidak jadi pelatih kiper Timnas? Apa kesulitannya?
Susah atau tidak untuk jadi pelatih timnas itu relatif. Tinggal bagaimana kita bisa menyesuaikan diri saja untuk berada di tim ini. Sebelumnya saya juga sudah melakukan kepelatihan di Madura United jadi tidak canggung. Yang pasti saya akan memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara Indonesia.

Indonesia selalu punya tradisi kiper-kiper bagus dari zaman dulu? Kenapa bisa demikian?
Saya melihat setelah generasi saya, memang banyak sekali penjaga gawang yang berbakat. Selain itu saya juga melihat sudah banyak pemain yang menyukai posisi sebagai penjaga gawang. Jadi saya rasa itu yang membuat Indonesia tidak pernah kehabisan penjaga gawang berbakat.

Melihat potensi kiper Timnas?
Saya lihat, kualitas yang ada di timnas saat ini sudah cukup bagus, tinggal bagaimana mereka bisa menjaga konsistensi permainan selama ini. Karena konsistensi dalam permainan untuk seorang pemain sepak bola itu penting.

Baca Juga:

Timnas Indonesia U-23 Lakukan TC Kedua di Yogyakarta pada 25 Agustus

Timnas Indonesia U-23 Rampungkan TC di Lampung

Apa yang harus diutamakan? Keselamatan kiper dulu? Atau gawang dulu?
Kalau masalah ini ya saya tidak bisa pilih salah satu, yang jelas bagi seorang penjaga gawang itu, keselamatan sebagai seorang kiper itu sangat penting tapi gawang juga penting karena itu merupakan tugas kiper.

Kenapa dulu milih menjadi kiper?
Kalau masalah dulu kenapa bisa menjadi kiper itu dulu kebetulan saja saya bisa memilih posisi itu. Dulu memang agak sedikit canggung, tapi saya yakin selama saya mau belajar pasti saya bisa.

Kenangan tak terlupakan atau terindah?
Jelas pada saat saya berhasil menjadi juara liga saat membela PSM Makassar tahun 1999/2000. Ini sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya dan mungkin ini yang mengangkat karir saya di dunia sepak bola.

Mimpi yang belum tercapai?
Saya berkali-kali masuk skuat timnas Indonesia, tapi sampai saya berhenti menjadi pemain timnas, saya tidak pernah membawa tim ini menjadi juara. Mungkin ini menjadi mimpi saya yang sampai saat ini belum tercapai.

Baca Juga:

Segrup Timnas Indonesia, Vietnam, Malaysia, UEA, Pelatih Anyar Thailand Beri Pandangan

Segrup Timnas Indonesia, Vietnam, Thailand, dan UEA, Pelatih Malaysia Sebut Keuntungan

Apa hal yang paling disukai Anda?
Kalau ini, mungkin setiap hal yang berbabu positif dan bisa memberi kemajuan untuk saya itu hal yang paling saya sukai.

Setelah pensiun apa Anda punya bisnis?
Untuk bisnis masih belum terpikirkan. Karena setelah pensiun saya masih bergelut dengan sepak bola dan sering kali mengikuti beberapa kepelatihan kiper jadi saya masih sangat akrab dengan dunia sepak bola.

Tim impian Hendro Kartiko, 11 pemain?
Andritany, Marco Sandy, Rezaldi, Otavio Dutra, Fachrudin, Rohit Chand, Zahrahan, Evan Dimas, Riko Simanjuntak, Beto Gonzalves, Osvaldo Haay.

Hendro kartiko Timnas Indonesia Timnas indonesia u-23 Indra sjafri
Posts

4.871

Bagikan