BolaSkor.com – Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago adalah pecinta kopi. Walaupun tak mau disebut maniak kopi, Jacksen mengaku bisa menghabiskan empat hingga lima cangkir kopi setiap hari.

Sebagai orang Brasil, kopi merupakan salah satu minuman wajib yang harus dikonsumsi Jacksen saban hari. Yang menarik, legenda hidup Persebaya Surabaya itu bukan tipikal orang yang suka menghabiskan waktu berjam-jam nongkrong di kedai kopi.

Jacksen mengaku hanya ke kedai kopi untuk membeli biji atau bubuk kopi. Kemudian ia akan menikmati kopi tersebut di rumah atau kamar hotelnya.

Kecintaan Jacksen terhadap kopi diceritakan dalam wawancara BolaSkor.com.

Apa kabar, Bigman? Lama kita tidak berjumpa.

Puji Tuhan, kabar baik, Bigman. Seingat saya kita terakhir ketemu di Piala Presiden kemarin.

Bigman, Brasil merupakan salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia. Sebagai orang Brasil, apakah Anda juga suka meminum kopi?

Saya suka kopi. Boleh dibilang kopi adalah minunam wajib yang harus saya konsumsi setiap hari.

Ketika bagun pagi, yang pertama kali saya minum tentu saja air mineral. Agar perut ini terisi. Kemudian saya minum satu cangkir kopi. Lalu berangkat kerja.

Saya memang seperti itu, Bigman. Kopi dulu baru kerja, lalu sarapan. Waktu sarapannya setelah latihan pagi. Biasa jam 09.00 atau jam 10.00.

Seberapa sering Anda minum kopi, setiap hari?

Kalau dihitung, sekitar empat hingga lima cangkir sehari. Minimal empat cangkir lah setiap hari.

Ada berbagai macam jenis kopi di dunia. Mana yang Anda sukai?

Saya suka kopi dari Kolombia. Double espresso, itu racikan yang paling saya suka. Setiap kali membeli atau membuat sendiri, selalu double espresso.

Kalau dari Brasil, saya malah lebih suka coklatnya. Biasanya, ketika saya pulang ke Brasil pada akhir tahun, saya selalu membeli coklat itu. Istri dan anak saya juga sangat suka. Satu box bisa habis tidak sampai sejam. Hahahaha.

Penyuka kopi biasanya suka nongkrong di kedai kopi. Bagaimana dengan Anda, Bigman?

Nah, saya justru tidak seperti itu. Saya bukan orang yang keluar rumah untuk satu tujuan: ngopi di coffe shop. Saya memang pernah ke coffe shop. Tetapi lebih sering untuk membeli biji atau bubuk kopi.

Setelah itu bubuk atau bijinya saya olah sendiri di rumah. Kebetulan saya punya alatnya. Hadiah dari istri pas Christmas kemarin.

Lalu, di mana biasanya anda ngopi?

Lebih sering di rumah, atau di hotel tempat saya menginap. Kalau di rumah, saya membuatnya sendiri. Kalau di hotel, saya biasanya meminum kopi setelah makan siang atau malam. Double espresso dan brown sugar, itu biasa yang saya pesan.

Oke, Bigman. Terima kasih atas jamuan kopinya. Jangan lupa oleh-oleh kopi ketika mudik ke Brasil.

Siap, Bigman. Sering-sering ke sini karena Persipura akan cukup lama berada di Surabaya. (Laporan Kontributor Keenan Wahab/Surabaya)