BolaSkor.com - Setiap orang tua pasti memiliki doa dan harapan saat memberikan nama kepada anaknya. Begitu pula bagi seorang Oriyanto Jhosan, ayah kandung dari penyerang Persija Jakarta U-18 dan Timnas Indonesia U-19/U-20, Sutan Diego Armando Zico.

Nama Zico mencuat saat membela Timnas Indonesia U-16 dan bermain di Kualifikasi Piala Asia U-16 2018 lalu. Pada gelaran tersebut, Zico yang baru bergabung dengan skuat asuhan Fakhri Husaini yang kala itu masih menangani Timnas Indonesia U-16 langsung menjadi buah bibir.

Bagaimana tidak, pada saat membela Garuda Muda, Sutan Zico menjadi top skorer pada gelaran tersebut. Tak tanggung-tanggung, ia berhasil mencetak 10 dari tiga penampilannya bersama Timnas Indonesia U-16. Zico pun bersedia menceritakan pengalamannya kepada BolaSkor.com, berikut petikannya.

Baca Juga:

Pelatih Timnas Iran U-19 yang Jadi Lawan Indonesia Beberkan Persoalan Menyambut Piala Asia U-19

Segrup Timnas Indonesia U-19 di Piala Asia, Persiapan Iran Dibayangi Kabar Miring

Bisa diceritakan, kenapa bisa diberi nama Sutan Diego Armando Zico?

Saya sempat menanyakan ini kepada ayah, kebetulan ayah saya juga mantan pemain bola dan ia sangat mengidolai dua pemain yaitu Diego Maradona dan Zico. Karena itu juga lah nama saya gabungan dari dua legenda tersebut. Mudah-mudahan karier saya bisa secemerlang dua legenda tersebut.

Selama berkarier di Timnas Indonesia dari zaman U-16 sampai sekarang momen apa yang tidak bisa dilupakan?

Sebenarnya menurut saya semua momen di Timnas Indonesia itu tidak bisa dilupakan, karena semua pemain ingin berada di Timnas Indonesia. Tapi yang paling tidak bisa dilupakan yaitu juara Piala AFF U-16 2018 lalu. Saya sangat bersyukur bisa menjadi bagian dari tim tersebut dan berhasil membawa gelar juara.

Timnas Indonesia U-16 Juara Piala AFF U-16 2018. (PSSI)

Sebagai penyerang, bek dari negara mana yang paling sulit dilawan?

Menurut saya semua bek dari negara manapun sulit untuk dilawan. Karena pemain yang membela Timnas negaranya pasti merupakan pemain yang punya kualitas yang sangat baik.

Tahun depan Timnas Indonesia U-19 main di Piala Dunia U-20 bagaimana melihat itu?

Saya rasa itu pasti kebanggan bagi Indonesia dan yang pasti pemain punya kebanggaan tersendiri jika nantinya bisa bermain pada gelaran tersebut. Terlebih kita bermain di negara kita sendiri.

Timnas Indonesia U-19 akan main Piala Asia U-19, apa harapannya di Piala Asia U-19 nanti?

Saya tidak muluk-muluk, pertama saya harus lolos dari tahap seleksi ini dan masuk skuat Piala Asia U-19. Setelah itu saya pasti akan berjuang untuk Indonesia dan memberikan yang terbaik agar bisa masuk empat besar Asia.

Manajer Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

Sekarang Timnas Indonesia U-19 dilatih Shin Tae-yong, bagaimana sosoknya di mata Zico?

Dia sosok pelatih yang sangat tegas dan sangat disiplin. Sudah dua kali ikut TC bersama coach Shin Tae-yong, dia sangat fokus dalam fisik pemain. Tapi mungkin tujuannya sangat bagus untuk pemain muda seperti kita ke depannya.

Apa harapan kamu dengan Timnas Indonesia U-19 yang dilatih oleh Shin Tae-yong dan Piala Dunia U-20 nanti?

Mudah-mudahan Timnas Indonesia bisa mendapatkan hasil terbaik baik itu di Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20. Karena ini waktunya Indonesia bisa menunjukan bahwa sepak bola Indonesia bisa bersaing dengan negara-negara lain di Dunia.