Wawancara Gede Widiade: Tertantang untuk Mengembalikan Kejayaan Sriwijaya FC

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 20 Maret 2019
Wawancara Gede Widiade: Tertantang untuk Mengembalikan Kejayaan Sriwijaya FC
Gede Widiade. (BolaSkor.com/Keenan Wahab)

BolaSkor.comGede Widiade membuat sebuah manuver baru. Setelah mundur dari jabatan Direktur Utama Persija Jakarta, pengusaha asal Surabaya ini menjadi kandidat kuat pengelola klub Liga 2, Sriwijaya FC.

Pertemuan Gede dengan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru beberapa waktu lalu, menjadi viral di media sosial. Gede memang sempat mengelak dan menyebut bahwa pertemuan itu hanya urusan bisnis.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu mantan Manajer Persebaya Surabaya ini akhirnya mengakui bahwa ia hanya tinggal selangkah lagi menjadi pengelola tim berjuluk Laskar Wong Kito tersebut.

Berikut wawancara BolaSkor.com dengan Gede Widiade beberapa waktu lalu:

Selamat malam, Pak Gede. Bagaimana kabarnya?

Apik-apik (Baik-baik), Mas. Semoga sampeyan juga sehat selalu.

Pak Gede, kami dengar Anda akan bergabung dengan Sriwijaya FC sebagai pengelola klub. Bagaimana progresnya sampai dengan saat ini?

Tawaran itu memang ada. Kami menyarankan dulu. Saya masih wait and see.

Baca Juga: Kisah Riko Simanjuntak: Perjuangan Mengesankan dari Kasta Kedua hingga Timnas Indonesia

Apa yang anda sarankan kepada pemilik klub Sriwijaya?

Dulu di Persija saya juga bilang bahwa banyak pakar sepak bola di sini. Kenapa harus saya? Mereka menjawab, kalau bukan bapak, tidak bisa juara.

Sama seperti di Jakarta. Bedanya, kalau di Palembang orangnya lebih realistis. Kedua, mereka punya pakar bola yang bagus-bagus. Ketiga, suporternya sudah terbentuk. Keempat, infrastrukturnya sudah siap.

Gede Widiade
Gede Widiade. (BolaSkor.com/Keenan Wahab)

Detail dari saran itu seperti apa, Pak Gede?

Saya menyarankan mereka. Ada tiga tahap. Satu, optimalkan seluruh potensi masyarakat yang ada di Palembang. Kedua, minta kontribusi dari Pemprov. Berupa support yang bersifat non-finansial. Seperti kemudahan penggunaan fasilitas. Pokoknya yang non-finansial.

Jika kedua aspek tersebut belum mencukupi untuk menggulirkan Sriwijaya di Liga 2, baru external support itu dibutuhkan. Itu pun dengan syarat pihak ketiga yang menjadi external support, harus memahami sepak bola. Juga harus memahami karakter masyarakat Palembang, serta punya koneksivitas dengan Palembang. Contoh punya usaha di sana. Kalau saya kan punya developer besar di sana.

Masyarakat banyak bertanya. Kapan sebenarnya pinangan kepada Anda itu dilakukan oleh pemilik Sriwijaya FC?

Ya waktu sehari bertemu dengan Pak Gubernur. Waktu to the point ngomong soal Sriwijaya. Tetapi Pak Gubernur menegaskan bahwa ia, anaknya, keluarganya tidak mau ikut campur. Pak Gubernur menyerahkan kepada pihak ketiga yang profesional. Itu omongan politik biasa, bagus itu.

Baca Juga: Wawancara Silvio Escobar: Kritik dan Motivasi Ketika Gol Sulit Dicatatkan di Persija

Anda sukses bersama Persija. Bahkan membawa tim ini juara Liga 1. Sekarang Anda berminat ke Sriwijaya FC yang bermain di Liga 2. Apa motivasi Anda, Pak?

Karena tawaran dan ajakannya sangat bagus. Juga sangat menantang. Tidak kalah menantang dengan Persija dulu.

Terima kasih atas waktunya, Pak Gede. Semoga sukses bersama Sriwijaya FC.

Sama-sama, Mas. (Laporan Kontributor Keenan Wahab/Surabaya)

Sriwijaya fc Gede widiade Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.976

Bagikan