BolaSkor.com - Timnas Futsal Indonesia saat ini sedang menjalani pemusatan latihan atau training camp (TC) di Surabaya, sejak Oktober lalu. TC ini merupakan persiapan Timnas Futsal Indonesia untuk berlaga di ajang Piala Asia Futsal 2020.

TC Timnas Futsal Indonesia telah digelar selama 1,5 bulan terakhir ini akan berakhir pada akhir pekan ini. Para pemain akan kembali ke klub atau daerah masing-masing. Sementara, pelatih Timnas Fustal Indonesia, Kensuke Takahashi akan mengevaluasi hasil TC kali ini.

Pelatih asal Jepang itu memberikan beberapa gambaran hasil TC Timnas Futsal Indonesia. Sebelum TC periode Oktober-November 2020 selesai, Kensuke Takahashi berbicara banyak mengenai perjalanan TC yang dipusatkan di Baskhara Futsal Arena itu, berikut petikannya wawancaranya:

Baca Juga:

TC Timnas Futsal Indonesia Berlangsung Kompetitif

Daftar 19 Pemain TC Timnas Indonesia untuk Piala Asia Futsal 2020

Bagaimana perkembangan tim setelah TC lebih dari sebulan di Surabaya ini?

Jadi secara taktik pasti ada perkembangan yang sangat banyak. Tapi fase sekarang memang sudah disiapkan sejak 2 tahun lalu untuk Piala Asia Futsal ini. Sehingga dalam sebulan TC di Surabaya ini sudah mendekati gambaran yang saya inginkan. Liga futsal Indonesia juga berkembang, para pemain berlatih di klub dengan sangat baik. Jadi apa yang dilakukan ini tidak hanya di timnas, di klub juga dieksekusi dengan baik. Hasilnya ketika berlatih di timnas pemahaman para pemain bisa cepat.

Perubahan apa yang paling tampak dari pemain selama TC?

Paling mendasar adalah profesionalisme pemain. Mereka bisa mempersiapkan diri dengan baik, datang latihan lebih cepat. Masing-masing sudah mengerti kebutuhannya, sehingga latihan bisa 100 persen. Di luar lapangan profesionalisme pemain sangat bagus. Pemain contohnya sangat menjaga makanan. Menurut saya ini adalah pertumbuhan yang sangat baik.

Ke depan apa program untuk TC menuju Piala Asia Futsal?

Saya rasa tim butuh pengalaman. Tidak hanya bertanding internal, tetapi juga uji coba melawan negara lain. Kami perlu melihat lebih jelas bagaimana pengalaman jika gagal di pertandingan. Dari situ bisa dicari tahu strategi yang disiapkan jalan atau tidak, supaya bisa cepat diperbaiki. Semua hal itu hanya bisa didapat dengan menghadapi lawan yang kami buta kekuatannya.

Kensuke Takahashi. (FFI)

Bagaimana melihat persiapan dan uji coba calon lawan di Piala Asia Futsal nanti?

Kalau memang ada calon lawan yang bisa dilihat, pasti saya lihat. Kalau yang tidak bisa dilihat, saya cari lewat sumber lain. Tapi saya tidak pernah melihat bagaimana persiapan calon lawan. Saya hanya mencari tahu bagaimana cara mereka bermain.

FFI dan manajemen timnas bekerja keras menjamin terselenggaranya TC ini. Bagaimana menurut Anda?
Saya sangat berterima kasih kepada semua pihak. FFI, manajer timnas, otoritas Kota Surabaya. Berkat mereka kami bisa menggelar TC sekitar 1,5 bulan ini. Saya tahu kebijakan pemerintah perihal COVID-19 ini tidak mudah, tapi kami bisa berlatih seperti sekarang. Oleh karena itu saya sangat berterima kasih. Juga kepada para pemain saya berterima kasih. Mereka menjalani program latihan dengan sangat bagus. Walaupun tertekan atau stres dengan lingkungan COVID-19, faktanya pemain bisa bersikap dan memiliki semangat yang sangat baik.

Apa harapan Anda setelah TC periode ini selesai?

Saya berharap semua bisa terus berkembang. Mulai aspek teknik, mental, fisik, dan taktik, sampai nanti berkumpul lagi untuk TC berikutnya menuju Piala Asia Futsal.