Wawancara Khusus Dzhalilov: Kesan Puasa Pertama di Indonesia hingga Bocorkan Jenis Kelamin Calon Anak

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 22 Mei 2018
Wawancara Khusus Dzhalilov: Kesan Puasa Pertama di Indonesia hingga Bocorkan Jenis Kelamin Calon Anak
Aksi Manuchekhr Dzhalilov saat membobol gawang Persib Bandung. (LIB)

BolaSkor.com - Siapa yang tak mengenal Manuchekhr Dzhalilov? Dia adalah andalan Sriwijaya FC di Liga 1 2018. Pemain asal Tajikistan itu didatangkan tim Laskar Wong Kito pada awal musim kemarin.

Berlabel pemain terbaik Piala AFC 2017, Dzhalilov tampil memesona sebagai penyerang sayap yang haus gol. Ia sudah mengemas tiga gol hingga pekan kesembilan Liga 1 2018 bersama Sriwijaya FC.

Di balik sosok garangnya di Lapangan, Dzhalilov adalah seorang Muslim yang taat beribadah. Ia baru pertama kali menjalankan ibadah bulan Ramadan bersama di Tanah Air, khususnya Palembang.

Pemain berumur 27 tahun itu pun memberikan pengalamannya beribadah di bulan Ramadan untuk pertama kali di Indonesia. Bagaimana kisahnya? Berikut wawancara eksklusif BolaSkor.com dengan Dzhalilov:

Manuchekhr Dzhalilov (kiri) bersama para pemain Sriwijaya FC lainnya usai shalat. (BolaSkor.com/Dzakira)

Bagaimana perasaannya Ramadan pertama di Indonesia?

Tentu sangat senang, karena saya tahu Indonesia mayoritas memeluk agama Islam. Itu membuat saya tidak kesulitan saat menjalankan ibadah puasa atau ibadah lain.

Apa yang membuat Anda kerasan (senang) Ramadan pertama di Indonesia?

Masyarakat di sini sangat ramah. Rekan-rekan di tim dan masyarakat sangat baik, kami menjalankan ibadah bersama.

Target untuk Sriwijaya FC di Liga 1 selama bulan Ramadan?

Kami punya target besar juara di Liga 1, jadi dalam setiap laga kami ingin menang setiap pertandingan. Terutama di pertandingan di bulan Ramadan.

Bagaimana pengalaman berpuasa di sini?

Awal puasa kami di Medan karena mau lawan PSMS Medan. Kami terawih, di masjid salah satu di Medan, bersama Makan Konate, Hamka Hamzah, Ichsan Kurniawan dan pemain lain. Selama di Palembang, kami terus latihan, dan berbuka bersama di Wisma Atlet Jakabaring. Bulan Ramadan di kota ini sangat terasa, karena semua menjalankan ibadah di bulan Ramadan.

Awal bergabung Sriwijaya FC, Dzhalilov sempat bawa istri Muhabbat Gulova ke Palembang, tapi kemudian ia pulang ke Tajikistan, kenapa?

Istri Muhabbat Gulova tengah mengandung muda saat itu. Akhirnya saat usia janin sudah memasuki tiga bulan. Selama di Palembang, Gulova makannya sedikit sekali. Mungkin lidahnya kurang pas dengan makanan di sini. Cuma sebungkus kentang goreng ukuran kecil setiap kali makan. Saya pikir ini bahaya sekali, karena dia sedang mengandung. Sehingga kita putuskan ia pulang ke Tajikistan, karena banyak keluarga yang menjaganya di sana.

Bagaimana kondisi istri Dzhalilov saat ini?

Semua dalam keadaan sehat. Saya baru dapat kabar dari Tajikistan di bulan penuh berkah ini, jika hasil USG (ultrasonografi) menyatakan bahwa jenis kelamin janin laki-laki. Kami akan beri nama anak kami Jalilov Junior. Saya senang sekali karena dia seorang laki-laki. Semoga istri dan calon bayi saya sehat-sehat selalu. Insya Allah. (Laporan Kontributor Dzakira/Palembang)

Manuchekhr Dzhalilov Sriwijaya fc Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.859

Bagikan