BolaSkor.com - Luciano Leandro akan menjalani laga sarat emosional di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Minggu (10/3) sore. Luciano yang kini jadi pelatih Persipura Jayapura bersua PSM Makassar dalam lanjutan Grup C Piala Presiden 2019.

Bagi Luciano, PSM Makassar lebih dari sekadar klub berprestasi. Di klub ini, Luciano pertama kali bermain di Indonesia. Total empat musim dihabiskannya bersama tim Juku Eja. Ia juga pernah jadi pelatih PSM pada Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016, sebelum kemudian diberhentikan.

Kota Makassar begitu berarti baginya. Di kota ini ia menikah dengan perempuan pujaannya. Anaknya pun lahir di Makassar. Tentu bukan laga mudah ketika berhadapan, meski statusnya kini sudah pelatih.

Bolaskor.com punya kesempatan mewawancarai Luciano saat di Magelang. Ia menceritakan semua tentang Makassar dan laga kedua Piala Presiden 2019.

PSM Makassar merupakan klub pertama Anda di Indonesia. Seberapa besar arti PSM dan Kota Makassar buat Anda?

Saya hormat kepada PSM dan seluruh suporter Juku Eja. Mereka selalu ada di hati saya. Tidak ada yang bisa saya lupakan selama hidup di Makassar. Mereka terima saya dengan hati yang besar, saya menikah di Makassar, anak saya lahir di sana. Jadi Makassar ada di keluarga saya.

Baca Juga:

Janji Titus Bonai Jadi Peringatan untuk PSM Makassar

Luciano Leandro Anggap Wajar Persipura Bisa Tekuk PSIS 3-1

Anda memiliki hotel bernama Makassar di Brasil. Apakah sampai saat ini hotel itu masih ada dan tetap berdiri dengan nama Hotel Makassar?

Hotel itu saya dirikan dengan nama Makassar sebagai bentuk hormat saya pada PSM dan Kota Makassar. Masih bertahan sampai sekarang. Kita betul-betul berjuang kemarin saat ada krisis di Brasil. Kita kena krisis itu juga. Tapi kita mampu bertahan, Hotel Makassar masih berdiri di Brasil dan mudah-mudahan bisa bertahan lama.

Bagaimana dengan pertandingan melawan PSM Makassar. Persipura wajib menang jika ingin lolos ke 8 besar?

Sekali lagi saya katakan, saya sangat hormat kepada PSM. Saya hormat kepada suporter Juku Eja. Tapi sekarang saya ada di Persipura. Saya seorang profesional. Saat ini tenaga dan semangat saya ada untuk Persipura.

Bagaimana kesiapan pemain Persipura menatap pertandingan lawan PSM Makassar?

Kita sudah beberapa hari latihan, kita sudah melihat mereka setiap hari, kita lihat mereka latihan, angkat fisik, taktik, dan teknik. Mereka sudah siap melawan PSM.

Bagaimana melihat kekuatan PSM Makassar saat ini? Mereka secara mengejutkan kalah dari Kalteng Putra?

PSM tetap tim kuat, kita sudah tahu itu. Semua pemain harus kita waspadai. Apapun yang akan mereka lakukan, kita harus siap untuk antisipasi.

Ini salah satu laga besar di Piala Presiden. Ada pesan khusus untuk pemain?

Terpenting, saya selalu sampaikan pada pemain agar mereka usaha, karena sepak bola itu usaha. Kita tampil bagus di lapangan, nanti tuhan yang akan tentukan siapa pemenangnya. (Laporan Kontributor Al Khairan Ramadhan)