Wawancara Mick Doohan di Jakarta: Saya Punya Memori Bagus Mengenai Indonesia

Hendry WibowoHendry Wibowo - Sabtu, 23 November 2019
Wawancara Mick Doohan di Jakarta: Saya Punya Memori Bagus Mengenai Indonesia
Mick Doohan (BolaSkor.com/Hendry Wibowo)

BolaSkor.com - Ada sosok spesial saat MGPA sebagai organizer MotoGP Indonesia 2021 secara resmi meluncurkan desain final Mandalika International Street Circuit (Sirkuit Mandalika) sekaligus melakukan countdown Pre-Booking tiket MotoGP Indonesia 2021 di Jakarta, Sabtu (23/11).

Adalah juara dunia kelas 500 cc (nama kelas sebelum MotoGP saat ini) lima kali berturut-turut: Mick Doohan. Dia hadir untuk terlibat dalam acara promosi MotoGP Indonesia di Mandalika.

BolaSkor.com pun beruntung bisa melakukan wawancara yang diikuti hanya beberapa media lokal.

Baca Juga:

MGPA Lakukan Countdown Pre-Booking Tiket dan Perkenalkan Desain Sirkuit Mandalika

Sabtu, Mick Doohan Terlibat dalam Acara Launching MotoGP Indonesia

Halo mister, Anda pernah berlomba di MotoGP Indonesia tahun 1996-1997 (di Sirkuit Sentul, ia finis pertama tahun 1996 dan runner-up musim 1997). Bisa Anda ceritakan lagi memori saat itu?

(Tertawa) Tentu saya tidak bisa mengatakan semuanya. Yang pasti saya punya memori bagus mengenai Indonesia. Kala itu, saya menikmati berlomba di sini. Tentu kabar gembira Indonesia bisa kembali masuk kalender MotoGP.

Indonesia salah satu negara penting untuk MotoGP. Karena sangat banyak fan olahraga ini di sini. Indonesia juga pasar potensial untuk pabrikan (Aprilia, Ducati, Honda, KTM, Suzuki, dan Yamaha) yang mengikuti MotoGP.

Soal karakteristik Sirkuit Mandalika, tempat lomba MotoGP Indonesia tahun 2021?

Sirkuit Mandalika ini memiliki keunikan tersendiri. Sirkuit ini merupakan sebuah sirkuit dengan jenis trek cepat yang memiliki latar belakang pemandangan unik. Saya rasa ini akan menjadi lokasi balapan dan destinasi wisata yang sangat menarik.

Mengenai dominasi Marc Marquez di MotoGP. Ada isu Dorna sebagai penyelenggara dan Michelin, pemasok ban ikut memainkan peran?

Itu tidak benar. Dahulu memang sempat ada perang ban di MotoGP. Pembalap harus memilih menggunakan ban buatan Bridgestone, Dunlop atau Michelin. Namun sekarang hanya ada Michelin. Jadi semua pembalap mendapat ban yang sama, baik Valentino (Rossi) sampai Marc.

Untuk Dorna, juga tidak urusannya dengan hal ini. Mereka fokus mengurus bisnis di olahraga ini. Dorna telah melakukan pekerjaan baik dalam membangun image ajang MotoGP, terbukti dengan banyaknya kini jumlah pabrikan yang ikut serta.

Marc Marquez bakal berpartner dengan sang adik Alex Marquez musim depan. Pendapat Anda?

Ya, tentu pada awalnya, Marc bakal membantu proses adaptasi Alex. Namun jika Alex sudah berada pada level yang baik, tentu Marc akan melepasnya untuk bersaing secara terbuka.

Apakah Anda memiliki hasrat untuk mencoba trek di Mandalika (candaan)?

(Tertawa) Buat apa, andai saya dibayar sekalipun, saya akan finis terakhir.*

Breaking News Mick Doohan MotoGP Indonesia Mandalika
Ditulis Oleh

Hendry Wibowo

Motorsports Enthusiast and Giallorossi Fan
Posts

2.794

Bagikan