BolaSkor.com – Otavio Dutra hanya tinggal selangkah lagi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Setelah proses ini selesai, status Dutra di tim Persebaya Surabaya akan menjadi pemain lokal.

Proses naturalisasi Dutra memang membutuhkan waktu panjang. Ia bersyukur karena proses ini telah mendekati garis akhir. Jika tidak ada aral melintang, Dutra selangkah lagi akan memiliki paspor Indonesia.

Dutra menyebut keinginannya untuk menjadi Warga Negara Indonesia memang besar. Ia juga berkeinginan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kota Surabaya.

Berikut wawancara BolaSkor.com dengan Otavio Dutra:

Selamat sore, Dutra. Bagaimana kabarnya hari ini?

Puji Tuhan, saya dan keluarga dalam kondisi baik.

Dutra, Anda tinggal selangkah lagi menjadi Warga Negara Indonesia. Bagaimana perasaan Anda saat ini?

Ini adalah mimpi saya, dan keluarga saya. Saya sangat senang dan cinta Indonesia. Hidup saya pasti akan berubah setelah ini. Semoga saya bisa membantu Indonesia, baik sebagai figur di masyarakat, maupun sebagai pesepak bola.

Apa yang membuat Anda memutuskan menjadi warga Indonesia?

Saya cinta Indonesia. Saya sudah lama di sini. Hampir sepuluh tahun. Saya senang di sini. Keluarga saya juga senang di Indonesia. Selain itu, saya menghabiskan banyak waktu saya sebagai pemain sepak bola Indonesia. Saya lebih lama bermain bola di Indonesia daripada di Brasil atau Eropa.

Siapa saja sosok yang berperan membantu Anda untuk mewujudkan mimpi sebagai WNI?

Banyak orang. Bukan hanya satu orang saja. Saya berterima kasih kepada mereka semua.

Sebenarnya sejak kapan Anda mulai menjalani proses menjadi Warga Negara Indonesia?

Saya sudah mulai mengurusnya sejak lama. Memang tidak mudah. Tetapi harus seperti itu. Puji Tuhan saya sudah sampai di fase ini. Tidak lama lagi saya bisa mengambil pasport saya, dan bermain untuk Timnas Indonesia.

Anda pernah dipanggil untuk seleksi ke Timnas, tetapi tidak sempat bermain. Sekarang Anda tinggal selangkah menjadi Warga Negara Indonesia, apa harapan Anda saat ini?

Semoga Coach Simon bisa panggil saya. Sebab saya ingin membela Timnas.

Apakah Anda sudah hafal lagu kebangsaan Indonesia?

Lagu Indonesia Raya? Saya sudah hafal semua.

Terakhir, jika nanti mendapatkan KTP, mau pilih domisili di mana?

KTP Surabaya lah. Arek Suroboyo. (Laporan Kontributor Keenan Wahab/Surabaya)