BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, resmi membuka IESF 14th World Esports Championships (WEC) 2022 di Hotel Merusaka, Nusa Dua, Bali, Jumat, (2/12). Menpora menyebut, ajang kelas dunia ini merupakan persiapan menuju SEA Games 2023.

“Saya kira kesempatan ini, kita jadikan sebagai ajang untuk lebih melatih lagi anak-anak kita. Supaya di dua multievent, baik itu di ASEAN maupun Asia, kita bisa bagus. Di dalam evaluasi kita, SEA Games di Kamboja kita agak berat. Dalam hitungan kami, kira-kira kita kehilangan sekitar 37 medali emas karena banyak yang tidak dipertandingkan," kata Amali.

“Nah ini tentu kita harus bekerja keras, cabor-cabor bekerja keras, kami dengan tim review melakukan itu. Event di Bali ini harus kita jadikan sebagai ajang untuk mempersiapkan diri ke SEA Games dan Asian Games,” imbuhnya.

Di sisi lain, Menpora sangat mengapresiasi Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) dalam mempersiapkan event akbar ini. Sebagai Menpora, Amali bangga dengan cabang olahraga esports di Indonesia karena turut diapresiasi oleh Presiden International Esports Federation (IESF), Vlad Marinescu.

"Tadi saya ngobrol dengan dia, dan dia terheran-heran. Ini sangat luar biasa. Jadi sekali lagi, saya atas nama pemerintah mengapresiasi kepada semua pihak yang telah bekerja keras, sehingga event ini bisa berjalan dengan baik," kata Amali.

Menariknya lagi, lanjut Amali, peminat esports di Indonesia mencapai puluhan juta. Ini menjadi satu potensi ekonomi yang sangat luar biasa. Oleh karena itu, lingkungan ini harus tetap dijaga agar tidak terganggu.

"Kita sekarang ini sudah masuk era digitalisasi. Transformasi kehidupan sudah masuk ke sana. Maka yang saya sampaikan environment di luar esports, harus diperkuat. Pemerintah akan berupaya untuk menghadirkan itu," katanya.