West Bromwich 1-2 Liverpool: Gol Bersejarah Alisson Jaga Peluang The Reds

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Senin, 17 Mei 2021
West Bromwich 1-2 Liverpool: Gol Bersejarah Alisson Jaga Peluang The Reds
Selebrasi Liverpol (twitter)

BolaSkor.com - Liverpool membawa kemenangan penting 2-1 atas West Bromwich Albion di The Hawthorns, pada laga yang selesai Senin (17/5) WIB. West Brom unggul lebih dulu lewat gol Hal Ronson-Kanu pada menit ke-15. Liverpool menyamakan kedudukan berkat gol Mohamed Salah (33).

Gol kemenangan Liverpool dicetak sang kiper Alisson Becker lewat tandukannya di pengujung laga. Alisson menjadi kiper pertama dalam sejarah Liverpool yang mencetak gol. Sepanjang sejarah hanya ada enam kiper yang mencetak gol di Premier League. Alisson menyamai Peter Schmeichel, Brad Friedel, Paul Robinson, Tim Howard, dan Asmir Begovic.

Untuk laga kali ini West Brom melakukan dua perubahan dari skuat yang pekan lalu kalah dari Arsenal. Di lain pihak, Liverpool yang butuh menang untuk menjaga peluang masuk ke empat besar menurunkan skuat dengan rata-rata usia termuda musim ini (26 tahun dan 80 hari). Pada laga ini Liverpool tidak memainkan Diego Jota yang menderita cedera hingga akhir musim.

Tuan rumah langsung melancarkan serangan di awal laga. Namun gebrakan awal mereka belum menggoyahkan barisan pertahanan Liverpool.

Baca Juga:

Menilik Sengitnya Perburuan Zona Liga Champions di Premier League

Respons Jurgen Klopp Usai Tak Diacuhkan Sadio Mane

Manchester United Dipermak Liverpool, Bruno Fernandes Dicap Tukang Nangis

Sempat ditekan, Liverpool mampu mengambil kendali permainan dan banyak menguasai bola. Namun peluang pertama datang buat West Brom pada menit ke-12. Namun bola sundulan Okay Yokuslu belum menemui sasaran.

Selang tiga menit kemudian, West Brom mampu menjebol gawang Liverpool. Menerima umpan terobosan Matheus Pereira, Hal Robson-Kanu dengan mudah menaklukkan kiper Liverpool Alisson. Skor 1-0 untuk West Bromwich.

Liverpool nyaris menyamakan kedudukan pada menit 23. Namun Mane gagal memanfaatkan kesempatan yang didapatnya. Bola sepakan pemain Senegal itu masih menyamping.

The Reds kembali menciptakan peluang pada menit 27. Umpan akurat Alexander-Arnold menemukan Salah yang menusuk dari sisi kanan. Sayang bola sepakan Salah terlalu lemah dan mengarah tepat ke pelukan kiper West Brom Sam Johnstone.

Liverpool menyamakan kedudukan pada menit ke-32. Menerima umpan pendek dari Sadio Mane, Salah melepaskan sepakan first time ke pojok kanan gawang West Brom. Bola meluncur tanpa mampu dibendung Johnstone. Skor imbang 11 dan Salah menambah koleksi golnya di Premier League musim ini menjadi 22.

Liverpool sejatinya bisa berbalik unggul dua menit kemudian. Namun bola sepakan Roberto Firmino yang berdiri bebas di depan gawang hanya menghantam tiang gawang West Brom.

Meski melepaskan 13 tembakan dan menguasai bola hingga 74 persen, Liverpool gagal menambah gol dan skor imbang 1-1 bertahan hingga jeda.

Babak kedua berjalan dua menit, Liverpool membobol gawang West Brom lewat Sadio Mane. Namun gol tidak tercipta karena Mane sudah ada dalam posisi offside.

Liverpool terus menekan, namun beberapa kali tuan rumah merepotkan sang juara bertahan lewat serangan balik cepat.

Peluang emas didapat Liverpool pada menit 56. Lewat serangan balik, umpan terobosan Alexander-Arnold berhasil melepaskan Salah. Sayang, Salah gagal menaklukkan Johnstone dan hanya menghasilkan sepakan sudut.

Setengah jam bermain, Jurgen Klopp menarik keluar Curtis Jones dan memainkan Xherdan Shaqiri untuk meningkatkan serangan.

Liverpool terus mengurung pertahanan West Bromwich. Namun The Reds masih gagal menembus pertahanan tuan rumah.

Pada menit ke-77, justru Liverpool yang hampir kebobolan. Namun peluang West Brom yang didapat Robson-Kanu masih bisa dipatahkan Alisson.

The Reds kembali mendapatkan peluang pada menit ke-83. Kali Alexander-Arnold membuang peluang emasnya setelah bola sepakan kaki kirinya masih terlalu tinggi. Selang tiga menit, giliran peluang yang didapat Thiago yang gagal berbuah gol setelah ditepis Johnstone.

Di pengujung laga, secara spektakuler Alisson yang ikut membantu serangan dalam skema sepakan pojok menanduk bola tanpa bisa dihadang Johnstone. Liverpool unggul 2-1 lewat gol sang kiper.

Hingga laga berakhir, skor 2-1 untuk Liverpool tidak berubah. Hasil ini membuat peluang Liverpool menembus zona Liga Champions masih terbuka. Liverpool ada di peringkat kelima dengan 63 poin. Mereka tertinggal satu poin dari Chelsea yang ada di posisi keempat.

Susunan Pemain

WEST BROM (4-4-1-1): Sam Johnstone; Darnell Furlong, Semi Ajayi, Kyle Bartley, Conor Townsend; Grady Diangana (MAitland-Niles 73), Okay Yokuslu (Livermore 75), Matt Phillips, Matheus Pereira; Conor Gallagher; Hal Robson-Kanu (Ahearne-Grant 82)

LIVERPOOL (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Nathaniel Phillips, Rhys Williams (Wijnaldum 84), Andrew Robertson; Thiago, Fabinho, Curtis Jones (Shaqiri 59); Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane

Premier League Liverpool Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.962

Bagikan