BolaSkor.com - West Ham United keluar sebagai pemenang dalam Derby London usai mengalahkan Chelsea 3-2 di London Stadium, Sabtu (4/12). Gol ajaib pemain poengganti Arthur Masuaku di menit ke-87 menjadi pennetu kemanangan The Hammers.

Setelah imbang 1-1 melawan Brighton, manajer West Ham David Moyes melakukan dua perubahan. Moyes memainkan Manuel Lanzini dan Issa Diop sebagai starter. Sedangkan di kubu Chelsea, Romelu Lukaku masih duduk di bangku cadangan.

Membuka laga, Chelsea langsung memegang kendali permainan. Pasukan Thomas Tuchel menguasai lini tengah dengan menjaga penguasaan bola.

Baca Juga:

Kalahkan Watford, Tuchel Kritik Permainan Chelsea

Andreas Christensen Bikin Tuchel Kecewa

Gara-Gara Sorot Lampu, Gawang Chelsea Dibobol Manchester United

Meski begitu, Chelsea masih kesulitan menembus pertahanan West Ham. Beberapa kali umpan silang yang dilepaskan Chelsea masih gagal menghadirkan ancaman berarti.

Chelsea membuka keunggulan saat laga berjalan 28 menit kewat gol Thiago Silva. Bek tengah Brasil itu meneruskan umpan sepak pojok Mason Mount dengan tandukan. Bola mengarah ke sudut tanpa bisa dijangkau Fabianski.

Kebobolan, tuan rumah langsung menekan balik. Pada menit ke-30 peluang didapat West Ham. Namun peluang masih bisa dimentahkan kiper Chelsea.

Selang delapan menit kemudian, kesalahan dibuat kiper Chelsea Edouard Mendy berbuah sepakan penalti untuk West Ham. Lanzini yang menjadi algojo dengan tenang menjalankan tugasnya. Skor imbang 1-1.

Chelsea kembali unggul pada menit ke-44. Kali ini Mount yang sukses menjebol gawang West Ham. Menerima umpan lambung Hakim Ziyech, Mount langsung melepaskan voli. Fabianski gagal menjangkau bola dan Chelsea unggul 2-1.

Pada babak kedua, Chelsea memainkan Lukaku yang masuk menggantikan Kai Havertz yang alami cedera di akhir paruh pertama.

Babak kedua berjalan sepuluh menit, skor kembali imbang. Bola hasil sepakan keras Jarrod Bowen setelah menerima umpan Coufal menembus gawang Chelsea kawalan Mendy.

Kembali disamakan, Chelsea makin gencar menekan pertahanan West Ham. Namun serangan demi serangan masih bisa dibendung barisan pertahanan West Ham.

Hingga menit ke-70, Chelsea tercatat lebih banyak menguasai bola yang mencapai 63 persen. Meski demikian armada Tuchel kesulitan mendobrak lini belakang West Ham.

Tuan rumah meningkatkan serangan dan nyaris berbalik ungul pada menit ke-74. Namun Bowen gagal menjangkau umpan datar di depan gawang Chelsea yang sudah kosong.

Selang dua menit kemudian, giliran Chelsea yang mendapatkan peluang. Sayang Pulisic yang baru masuk gagal mengarahkan bola sepakannya.

Dengan hasil ini, Chelsea mengumpulkan 34 poin dari 15 laga yang sudah dilakoni. Sedangkan West Ham mengemas 25 poin dari 15 laga.

Laga tersisa sepuluh menit, tuan rumah mulai meningkatkan intensitas serangan. Dan, tekanan West Ham membuahkan hasil pada menit ke-87.

Edouard Mendy harus memungut bola dalam gawangnya usai ditaklukkan Masuaku lewat sepakan melengkungnya dari sisi kiri. Mendy yang tidak menduga Masuaku akan melepaskan sepakan harus rela timnya tertinggal 2-3.

Skor 3-2 untuk tuan rumah bertahan hingga laga usai. Ini pertama kalinya musim ini Chelsea kebobolan lebih dari satu gol.

Berkat kemenangan ini, West Ham berada di empat besar dengan raihan 27 poin dari 15 laga. Sedangkan Chelsea mengumpulkan 33 poin dari 15 penampilan.


Susunan Pemain

WEST HAM (3-4-3): Lukasz Fabianski; Issa Diop, Kurt Zouma (Fornals 71), Craig Dawson; Vladimir Coufal, Tomas Soucek, Declan Rice, Ben Johnson (Masuaku 45); Jarrod Bowen, Manuel Lanzini (Benrahma 85), Michail Antonio.

CHELSEA (3-4-3): Edouard Mendy; Thiago Silva, Andreas Christensen, Antonio Rudiger; Reece James, Jorginho, Ruben Loftus-Cheek, Marcos Alonso (Pulisic 72); Kai Havertz (Lukaku 46), Mason Mount, Hakim Ziyech (Hudson-Odoi 64).