West Ham Juara Conference League, Emerson Ukir Rekor Kalahkan Messi dan Ronaldo

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 08 Juni 2023
West Ham Juara Conference League, Emerson Ukir Rekor Kalahkan Messi dan Ronaldo
Emerson (Twitter)

BolaSkor.com - Untuk kali pertama setelah 43 tahun lamanya, West Ham United menjadi juara di Eropa. Kepastian itu mereka raih usai mengalahkan Fiorentina di final UEFA Conference League, Kamis (08/06) dini hari WIB, di Eden Arena.

Dua gol The Hammers dilesakkan oleh penalti Said Benrahma dan Jarrod Bowen, sedangkan satu gol balasan Fiorentina datang dari Giacomo Bonaventura. Fiorentina dominan dengan 68 persen penguasaan bola, tetapi permainan West Ham efisien.

Tipikal tim besutan David Moyes, West Ham sulit dikalahkan dan punya pertahanan berlapis. West Ham cenderung menyerang dari serangan balik, permainan bola lambung, serta menyisir kecepatan di sisi sayap.

Permainan itu cukup membuat Fiorentina frustrasi hingga akhirnya kalah dari gol dramatis Bowen yang tercipta di menit 90. Moyes senang West Ham menutup musim dengan trofi setelah susah payah bertarung demi sintas di Premier League.

Baca Juga:

Juara Conference League, West Ham United Tutup Musim dengan Baik

Menteri Olahraga Arab Saudi Beri Kode Kedatangan Messi dan Benzema

Siasat Barcelona Datangkan Lionel Messi: Pinjam dari Inter Miami

"Kami telah mengubah apa yang kami rasakan sebagai musim yang mengecewakan menjadi musim super. Bermain di Premier League dan bermain di sepak bola Eropa, terutama di Liga Europa atau Conference League, merupakan situasi yang sulit, tetapi kami berhasil untuk melewati keduanya. Kompetisi ini sangat luar biasa bagi kami," tutur Moyes.

Satu rekor spesial juga diukir oleh full-back berpaspor Italia, Emerson Palmieri, dengan West Ham. Pemain berusia 28 tahun menorehkan rekor yang tidak dapat dilakukan bahkan oleh Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Dikutip dari BR Football, Emerson menjadi pemain pertama sepanjang masa yang memenangi seluruh turnamen antarklub Eropa (lima trofi). Kelima titel itu adalah Liga Champions, Liga Europa, Piala Eropa, Piala Super Eropa, dan Conference League.

Perjalanan pemain berdarah Brasil itu cukup menarik, dari Santos, Palermo, AS Roma, Chelsea, Olympique Lyonnais, hingga kini dengan West Ham yang sudah dibelanya sejak 2022.

Piala Eropa diraih Emerson bersama timnas Italia pada 2021. Saat itu Piala Eropa 2020 berlangsung pada 2021 karena pandemi virus corona. Di final, Italia arahan Roberto Mancini mengalahkan Inggris di Wembley via drama adu penalti.

Dua titel di Liga Champions dan Liga Europa dimenangi di satu klub, yakni Chelsea. Emerson memperkuat The Blues dari 2018, namun ia sempat dipinjamkan ke Lyon. Chelsea memenangi Liga Europa pada 2018-2019 yang kemudian diikuti trofi Liga Champions pada 2020-2021.

Emerson Palmieri Conference League West ham united Liga Europa Liga Champions
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.168

Bagikan