BolaSkor.com - Pemain tim nasional basket Indonesia, Widyanta Putra Teja mengaku Indonesia masih memiliki kekurangan dalam hal disiplin. Menurutnya hal ini harus diperbaiki agar Indonesia dapat bermain dengan lebih terstruktur

Pada babak kualifikasi grup A Window III FIBA Asia yang digelar di Filipina, Indonesia berhasil mengunci posisi ketiga setelah meraih kemenangan atas Thailand dengan skor 86-69. Tentunya ini menjadi keberhasilan yang patut diapresiasi.

Namun harus diingat bahwa pada saat itu Indonesia juga harus mengalami kekalahan sebanyak dua kali. Kekalahan pertama saat melawan Korea Selatan dengan skor 81-104 dan kekalahan kedua terjadi saat melawan tim tuan rumah dengan skor 51-76.

Menurut Widyanta Putra Teja, kekalahan tersebut tidak terlepas dari aspek disiplin para pemainnya. Alhasil mereka banyak melakukan kesalahan.

Baca Juga:

Depok Heroes: Menanti Lahirnya Pahlawan dari Kota Belimbing

Prawira Bandung Punya Nakhoda Baru

“Kalau menurut saya kekurangan saat itu disiplin. Maksudnya kurang disiplin dalam menjalankan sistem yang diperintahkan pelatih. Jadi kelihatan banget saat defense kita sering kebobolan. Ini memperlihatkan kordinasi defense kita kurang,” ucap Widyanta saat dihubungi oleh BolaSkor.com, Selasa (22/6).

“Berbeda saat melawan Thailand. Ketika itu kita bisa disiplin dalam menjalankan tugasnya masing-masing. Pelatih juga pastinya juga sudah memberikan pelatihan terkait kedisiplinan ini,” sambungnya.

Selain itu Widy juga menekankan pentingnya chemistry antar pemain jelang kompetisi FIBA Asia. Sebab pada saat menjalani babak kualifikasi grup A Window III tersebut, chemistry belum dapat tercapai dengan maksimal.

“Jadi chemistry kita sudah siapkan sejak lama, tetapi kan para pemain sempat kembali ke tim masing-masing karena kompetisi IBL akan dimulai. Selesai IBL kita semua kumpul lagi tapi waktunya singkat. Tidak sampai dua Minggu kalau gak salah, terus langsung berangkat ke Filipina. Chemistry itu yang harus kita cari jelang FIBA Asia nanti,” ungkap Widy.

Terkait kegiatan selepas kualifikasi di Filipina, Widyanta mengaku saat ini tim nasional Indonesia belum menjalani kegiatan apa pun. Pasalnya saat ini mereka semua sedang menjalani karantina hingga Sabtu (26/6).

Penulis: Bintang Rahmat