BolaSkor.com - Fans Arsenal bukan hanya senang saat melihat tim kesayangan mereka menang di laga pembuka Premier League 2022-2023, tapi juga melihat performa solid bek muda asal Prancis, William Saliba.

Seperti diketahui, Arsenal menang 2-0 atas Crystal Palace di Selhurst Park pada Sabtu (06/08) dini hari WIB melalui gol Gabriel Martinelli (20') dan gol bunuh diri Marc Guehi (85'). Arsenal kalah penguasaan bola 43 persen berbanding 57 persen tuan rumah.

Laga memang berjalan ketat di Selhurst Park karena kedua tim sama-sama melepaskan 10 tendangan (dan dua tepat sasaran). Kendati demikian kali ini, Arsenal mampu membendung Palace dan bertahan dengan baik - usai kalah 0-3 musim lalu.

Baca Juga:

Crystal Palace 0-2 Arsenal: Kemenangan Spesial untuk Mikel Arteta

Sederet Statistik Menarik dari Kemenangan Arsenal atas Crystal Palace

Kedatangan Gabriel Jesus dan Oleksandr Zinchenko Jadi Indikasi Arsenal Belum Akan Juara

"Anda tidak menang di sini tanpa kengototan bermain dan kami mengalaminya musim lalu. Kami memulai dengan cara yang sangat berbeda dengan apa yang kami lakukan tahun lalu," ucap Mikel Arteta selepas laga.

"Membangun mentalitas itu dan menemukan cara untuk melewati momen-momen itu dan clean sheets di liga ini akan menjadi vital bagi kesuksesan kami dan kami telah berhasil melakukannya. Mudah-mudahan itu akan menumbuhkan kepercayaan diri dalam tim."

Salah satu pemain yang tampil menonjol di laga itu adalah William Saliba. Bek asal Prancis berusia 21 tahun kembali dari masa pinjamannya di Saint-Etienne, Nice, dan Olympique Marseille. Kesabarannya berbuah hasil.

Sempat ingin pergi dari Arsenal, Saliba kini menjadi saksi hidup kesabaran membuahkan hasil. Ia berkembang di Prancis dan matang bersama Arsenal. Pada laga kompetitif pertamanya bareng Arsenal di Premier League, Saliba jadi Man of the Match.

"Kami tahu ini akan sulit di sini tetapi kami kuat dan solid. Saya sudah menunggu lama untuk melakukan debut saya dan saya senang memulai dengan clean sheets dan kemenangan. Ini penting untuk kepercayaan diri," tutur Saliba di Sky Sports.

Mikel Arteta pun tak menahan pujian untuk William Saliba. Dia menilai Saliba sudah siap secara mental setelah melihat performa hebatnya menahan gempuran Wilfried Zaha dkk.

"Saliba luar biasa malam ini. Cara kami memulai pertandingan dan bermain di babak pertama sangat luar biasa - kami seharusnya bisa mencetak lebih banyak gol," ucap Arteta memuji Zaha.

“Kami harus memainkan permainan dengan cara yang tidak kami inginkan karena Palace mampu melakukan itu kepada Anda. Untuk menang di sini, Anda harus menderita – kami telah melakukannya dan itu adalah bagian dari mentalitas yang ingin kami bangun, datang ke tempat seperti ini dan menang."

“Anda tidak benar-benar melihat itu pada usia 21 tahun untuk debut di Premier League melawan lawan ini di mana Anda menghadapi pemain yang sulit dan menyelesaikan situasi dengan cara dia melakukannya dengan ketenangan itu, dengan ketenangan itu dan dengan sosoknya itu. Penghargaan yang sangat besar untuk dia."

Statistik dari Statman Dave memperlihatkan betapa layaknya Saliba jadi Man of the Match saat melawan Palace. Saliba 100 persen memenangi duel bola udara, 100 persen menyelesaikan dribel bolanya, akurasi operan bola 94 persen, akurasi operan sempurna 46 kali, tujuh sapuan bola, lima bola lambung, dan satu blok bola.