BolaSkor.com - Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China. Pepatah itu sudah sering digunakan sebagai motivasi agar manusia tidak mudah menyerah dalam mengejar ilmu setinggi mungkin. Bagi Wu Lei, ilmu tidak hanya dikejar sampai China melainkan ... Spanyol.

12 tahun bermain untuk Shanghai SIPG, Wu Lei barangkali tidak pernah membayangkan bermain di Spanyol. Bukan sekedar bermain di divisi bawah Spanyol, Wu Lei bermain di divisi teratas sepak bola Spanyol yang dihuni Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid, LaLiga.

Pemain kelahiran Nanjing, Jiangsu, 19 November 1991, selalu setia kepada SIPG. Tidak pernah tergoda berganti klub lain selama bermain di sana pada medio 2006-2018. Wu Lei mengukir sejarah sebagai legenda melalui status pencetak gol sepanjang masa klub.

169 gol ditorehkannya untuk SIPG. Di Liga Super China, Wu Lei mencetak 102 gol dan menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa. Itu semua melengkapi rekor yang dipecahkannya kala menjadi pemain termuda yang bermain di liga profesional China pada usia 14 tahun 287 hari.

Baca Juga:

Gerard Pique Sebut Mulut Lionel Messi Berdarah karena Sergio Ramos

Menunggu 11 Tahun, Espanyol Ingin Akhiri Rapor Buruk di Derby Catalunya

Real Madrid Selangkah Lagi Rekrut Bek Masa Depan Timnas Spanyol

Wu Lei

Kesabaran bermain Wu Lei membuahkan hasil. Pada 28 Januari 2019, Wu Lei dibeli Espanyol dari SIPG seharga dua juta euro, teken kontrak tiga tahun dengan opsi perpanjang setahun. Wu Lei datang pada usia 27 tahun - usia emas bagi pesepakbola Eropa.

Perpindahannya diyakini terjadi karena campur tangan Presiden Espanyol asal China, Chen Yangsheng. Namun, hal itu tidak akan menjadi masalah jika Wu Lei tampil bagus kala diberi kesempatan bermain. Pada akhirnya, performa selalu jadi tolok ukur.

Debutnya terjadi pada 3 Februari 2019. Kala Espanyol bermain imbang 2-2 melawan Villarreal, Wu Lei dimasukkan sebagai pemain pengganti Didac Villa di menit 77 dan jadi pemain China kedua yang bermain di LaLiga setelah Zhang Chengdong.

14 hari berselang, Wu Lei dimainkan oleh Rubi sebagai starter melawan Valencia di LaLiga. Skor berakhir imbang tanpa gol, namun Wu Lei kembali memecahkan rekor sebagai pemain China pertama yang menjadi starter dalam pertandingan LaLiga.

Baru tiga bulan bermain di LaLiga, Wu Lei sudah 'mengebulkan' dapur keuangan Espanyol melalui pendapatan yang signifikan dari penjualan jersey, tiket pertandingan, dan peningkatan drastis jumlah fans Espanyol asal China.