Xavi Hernandez Respons Tren Buruk Barcelona di Eropa

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 24 Februari 2023
Xavi Hernandez Respons Tren Buruk Barcelona di Eropa
Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez (Twitter)

BolaSkor.com - Barcelona disingkirkan Manchester United pada babak play-off Liga Europa 2022-2023. Hal ini melanjutkan tren buruk Blaugrana asuhan Xavi Hernandez di Eropa.

Barcelona memang seperti kehilangan tajinya di Eropa dalam dua musim terakhir. Hal itu bertepatan dengan kedatangan Xavi yang ditunjuk sebagai pelatih pada awal November 2021.

Tak lama setelah bertugas, Xavi gagal membawa Barcelona lolos dari fase grup Liga Champions. El Barca harus terlempar ke Liga Europa usai menempati peringkat ketiga fase grup.

Baca Juga:

Hasil Liga Europa: Juventus Tekuk Nantes, Manchester United Singkirkan Barcelona

Perjalanan Barcelona Rekrut Evan Ndicka Masih Panjang

Penampilan Gemilang Dua Alumni Madrid dalam Kemenangan Man United Versus Barcelona

Peruntungan Barcelona tak banyak berubah di Liga Europa. Langkah Pedri dan kawan-kawan harus terhenti pada babak perempat final usai disingkirkan Eintracht Frankfurt.

Memasuki musim 2022-2023, dewi fortuna masih belum mau mendampingi kiprah Barcelona di Eropa. Tim asuhan Xavi kembali terlempar ke Liga Europa usai kalah bersaing dengan Bayern Munchen dan Inter Milan pada fase grup Liga Champions.

Sialnya, undian babak play-off menjodohkan Barcelona dengan Manchester United. Keduanya digadang-gadang sebagai kandidat juara.

Manchester United akhirnya mampu menyingkirkan Barcelona dengan agregat 4-3. Kepastian itu didapat usai menang 2-1 di Old Trafford, Jumat (24/2) dini hari WIB.

Hasil itu membuat Barcelona asuhan Xavi telah tersingkir empat kali dari kompetisi Eropa selama 14 bulan terakhir. Mereka juga hanya berhasil menang empat kali dari 16 laga dalam periode tersebut.

Xavi menyadari rekor buruk tim asuhannya di Eropa. Namun ia menilai Barcelona telah mengalami perkembangan dibanding musim lalu.

"Perbedaannya dengan tahun lalu adalah tahun ini kami mampu bersaing. Kami bersaing melawan Inter dan Bayern dan hari ini melawan Manchester United," kata Xavi usai laga kontra Manchester United.

"Mereka adalah tim yang hebat dan sulit untuk bersaing melawan mereka. Kami harus kembali lebih kuat tahun depan."

Kegagalan Barcelona di Eropa memang tak lepas dari undian yang tak menguntungkan. Namun hal ini juga menggambarkan tim ini belum memiliki mental juara selayaknya tim besar.

Padahal Barcelona sudah mendatangkan deretan pemain kelas satu pada musim panas lalu. Namun langkah tersebut tak otomatis membuat peruntungan mereka di Eropa berubah.

"Mudah-mudahan musim depan kami bisa bersaing lebih baik. Perasaan saya situasinya berbeda dari musim lalu ketika tidak mungkin bersaing. Musim ini berbeda," tutup Xavi.

Barcelona Xavi Hernandez Liga Europa Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan