Xavi, Kebangkitan Barcelona, dan Peran Besar Pemain Pengganti

Arief HadiArief Hadi - Senin, 07 Maret 2022
Xavi, Kebangkitan Barcelona, dan Peran Besar Pemain Pengganti
Xavi (Twitter)

BolaSkor.com - Semenjak melalui pergantian tahun dan terutamanya di bursa transfer musim dingin (Januari 2022), peruntungan Barcelona berubah di bawah arahan legenda klub, Xavi Hernandez.

Barcelona perlahan membenahi posisi di klasemen LaLiga dan sukses melaju ke perempat final Liga Europa. Pada pekan 27 LaLiga di markas Elche, Minggu (06/03) malam WIB, Blaugrana menang 2-1.

Dua gol kemenangan Barca dicetak oleh Ferran Torres (60') dan penalti Memphis Depay (84') yang membalas gol Fidel Chaves (44'). Barcelona susah payah menang di markas Elche, meski mendominasi penguasaan bola hingga 68 persen, melepaskan 20 tendangan (sembilan tepat sasaran).

Baca Juga:

Barcelona Resmi Datangkan The Next Pedri, Pablo Torre

Barcelona Ketagihan Boyong Pemain Premier League

Terungkap, Jomplangnya Gaji Aubameyang di Barcelona dan Arsenal

"Saya pikir kami pantas menang. Kami menciptakan banyak peluang tetapi kami tidak memanfaatkannya, kami tidak efektif. Tetapi tim bermain bagus melawan tim Elche yang agresif yang memiliki posisi pertahanan yang baik," tutur Xavi selepas laga.

"Di babak kedua, tim melangkah maju, kami menciptakan lebih banyak peluang daripada di babak pertama. Itu adalah kemenangan yang sangat penting, kemenangan tim, kemenangan vital."

“Saya marah saat turun minum karena kami tidak pantas tertinggal setelah apa yang kami ciptakan. (Kiper Elche) Edgar brilian. Saya kesal, marah."

“Tapi saya berharap jika kami menyerang lebih baik, kami akan menang. Itulah yang saya katakan kepada para pemain. Saya membuat perubahan posisi (Ferran masuk) dan itu bekerja dengan baik untuk kami."

"Sensasinya sangat bagus. Itu empat kemenangan berturut-turut. Itu pertanda kami bekerja dengan baik dan para pemain percaya dengan apa yang kami katakan. Dinamikanya bagus," terang dia.

Barcelona kini ada di urutan tiga klasemen dengan 48 poin dari 26 laga, terpaut tujuh poin dari Sevilla yang berada di urutan dua dan bermain 27 kali.

Kebangkitan Barcelona

Transfer musim dingin menjadi titik balik kebangkitan Barcelona pasca era Lionel Messi. Pierre-Emerick Aubameyang, Ferran Torres, dan Adama Traore direkrut pada Januari dan ketiganya punya peran besar. Torres bahkan merasakan perubahan itu.

"Ada perubahan besar di bawah arahan Xavi. Kami bermain dengan gaya main yang kami memang inginkan dan itu berkat pelatih. Kami juga meraih hasil-hasil bagus," ucap Torres seperti dilansir dari Sport-English.

Identitas bermain Barcelona juga telah kembali. Xavi tahu betul kultur bermain Barca karena ia punya DNA klub yang dibawa sebagai produk La Masia serta legenda klub.

Menilik catatan Squawka, Barcelona kini tak terkalahkan di delapan laga terakhir di seluruh kompetisi (enam kemenangan dan dua kali imbang).

Selain itu peran pemain pengganti juga sama pentingnya dalam faktor kebangkitan klub. Dua pemain pengganti, Torres dan Depay, baru masuk di babak kedua melawan Elche dan jadi pembeda.

Lima gol terakhir Barca kini telah dicetak oleh pemain pengganti. Pada akhir pekan lalu Ousmane Dembele, Luuk de Jong, dan Depay mencetak gol kontra Athletic Bilbao. Pun demikian kala melawan Espanyol dari gol De Jong.

Xavi kini punya kedalaman skuad yang lebih baik serta opsi untuk dimainkan, meski diakui olehnya sulit meninggalkan beberapa pemain karena kedalaman tersebut.

“Sulit bagi saya untuk meninggalkan pemain karena mereka tidak pantas mendapatkannya. Saya merasa sangat buruk. Tapi saya harus membuat keputusan untuk kebaikan tim," terang Xavi.

"Riqui (Puig), yang kami bicarakan kemarin, Eric Garcia, Oscar (Mingueza). Hari ini Martin Braithwaite tidak ada dalam skuat dan dia tidak pantas mendapatkannya."

"Saya memiliki berbagai pilihan dan saya senang dengan para pemain yang saya miliki. Adama masuk dan bermain bagus hari ini juga, Ousmane fantastis."

Breaking News Barcelona FC Barcelona LaLiga Xavi Xavi Hernandez
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan