BolaSkor.com - Barcelona gagal meraih kemenangan saat bertandang ke markas Eintracht Frankfurt pada leg pertama perempat final Liga Europa 2021-2022. Sang pelatih, Xavi Hernandez mengungkapkan penyebabnya.

Dalam laga yang berlangsung di Deutsche Bank Park, Jumat (8/4) dini hari WIB, Frankfurt dan Barcelona bermain imbang 1-1. Hasil ini membuat peluang kedua tim untuk melaju ke semifinal masih sama besar.

Meski bermain di kandang lawan, Barcelona sebenarnya lebih diunggulkan untuk memenangi pertandingan. Itu tak lepas dari tren positif Blaugrana dalam beberapa laga terakhir.

Baca Juga:

Hasil Pertandingan: Barcelona Tertahan, Roma Gagal Balas Dendam

5 Alasan Robert Lewandowski Harus Pindah ke Barcelona

Xavi Bahas Kondisi Perpanjangan Kontrak Dembele dan Araujo

Para pemain Barcelona juga tampil dengan rasa percaya diri tinggi. Penguasaan bola yang mencapai 66 persen menjadi buktinya.

Namun Frankfurt menegaskan diri bukan tim sembarangan. Wakil Jerman itu justru mampu mencuri gol lebih dulu melalui sepakan spektakuler Ansgar Knauff pada awal babak kedua.

Beruntung Barcelona mampu bangkit dengan cepat. Berselang delapan menit, tim tamu menyamakan kedudukan melalui aksi Ferran Torres.

Barcelona mendapat momentum untuk memenangi pertandingan setelah Frankfurt harus bermain dengan sepuluh orang sejak menit ke-78. Sayangnya, keuntungan ini tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Xavi mengakui tim asuhannya tampil kurang maksimal dalam laga ini. Namun itu juga disebabkan karena perlawanan sengit dari Frankfurt.

"Saya mengucapkan selamat kepada Frankfurt karena mereka telah bekerja dengan sangat baik. Kami kehilangan beberapa bola yang tidak perlu," kata Xavi usai laga.

"Kami harus mengurangi kesalahan itu, dan menjadi agresif dalam menekan setelah kami kehilangan penguasaan bola."

Selain itu, Xavi juga menyoroti faktor lain. Ia menilai kondisi lapangan yang kurang baik menghambat Barcelona menerapkan gaya bermain seperti biasanya.

"Hari ini bola tidak bergerak dengan baik karena lapangan. Di kandang kami, permainan akan lebih baik," tambahnya.

Hasil imbang ini melanjutkan tren buruk Barcelona saat melakoni leg pertama pada fase gugur Liga Europa. Dua laga sebelumnya kontra Napoli dan Galatasaray juga berakhir imbang.