BolaSkor.com - Komponen swingarm yang berfungsi mendinginkan ban belakang milik Ducati terus menjadi fenomena. Meski sempat diprotes, dan kini telah diputuskan legal, banyak tim yang mencontoh komponen tersebut.

Honda bahkan untuk kali pertama memperkenalkan komponen swingarm belakang pada latihan bebas MotoGP Amerika Serikat.

Baca Juga:

10 Alasan Valentino Rossi Begitu Dicintai dan Memiliki Banyak Fan

Valentino Rossi Peringatkan Situasi Persaingan Bisa Berubah Saat Putaran Eropa Dimulai

Aprilia juga telah mencoba komponen ini saat menggelar tes privat di Sirkuit Austin, Texas. Terbaru, pihak Yamaha yang memberikan sinyal sedang mempertimbangkan komponen swingarm.

Pasalnya Managing Director Yamaha, Lin Jarvis mengaku penasaran dengan komentar Direktur Teknik Ducati, Gigi Dall’Igna yang menyebut komponen swingarm bisa mendinginkan ban sampai 7-8 derajat celsius.

"Tak perlu diragukan lagi, kami juga sedang mempertimbangkannya. Salah satu alasannya menurut data yang dimiliki Gigi, komponen swingarm bisa mendinginkan ban 7-8 derajat celsius. Itu sangat signifikan," kata Jarvis.

Menariknya Dall'Igna pernah menceritakan komponen swingarm ini sejatinya terinspirasi dari komponen yang tertanam di motor Yamaha.

Yamaha YZR-M1 memang pernah menggunakan komponen swingarm, tapi tujuannya untuk memantulkan air agar tidak mengenai ban belakang saat mengaspal di sirkuit basah.

"Sekarang komponen ini telag legal dan bisa menjaga daya tahan ban. Tentu saja kami sedang mempertimbangkan untuk memakainya," Jarvis menuturkan.*

Baca Berita Selengkapnya soal MotoGP Lainnya di KabarOto.com