Yamaha Ketinggalan Zaman, Baru Coba Lengan Ayun Karbon

Hendry WibowoHendry Wibowo - Jumat, 30 Agustus 2019
Yamaha Ketinggalan Zaman, Baru Coba Lengan Ayun Karbon
Pembalap Yamaha, Maverick Vinales (Twitter/Yamaha)

BolaSkor.com - Yamaha jadi tim pabrikan yang membawa komponen baru paling banyak pada hari pertama sesi tes privat MotoGP 2019 di Sirkuit Misano, San Marino, Kamis (29/08).

Tercatat dua pembalap tim pabrikan Yamaha: Maverick Vinales dan Valentino Rossi mencoba lengan ayun serat karbon dan knalpot baru di motor YZR-M1 musim 2019. Kemudian pengembangan mesin untuk motor prototipe tahun 2020.

Baca Juga:

Hari Pertama Tes Misano: Empat Pembalap Yamaha Tempati Lima Besar

Jarang Temani Rossi di Paddock, Sofia Novello Ingin sang Kekasih Fokus

Dari banyaknya komponen baru yang dicoba, keberadaan lengan ayun serat karbon paling menarik. Karena selama ini, pabrikan asal Jepang ini dikenal bersikukuh menggunakan lengan ayun dari alumunium.

Lengan Ayun Karbon di Motor MotoGP
Lengan Ayun Karbon di Motor MotoGP (Istimewa)

Menariknya kini, hanya Yamaha dan Suzuki, pabrikan yang masih memakai lengan ayun alumunium. Sebagai perbandingan, Ducati telah menerapkan lengan ayun serat karbon sejak tahun 2009.

Kemudian Honda jadi pabrikan Jepang pertama yang beralih dari lengan ayun alumunium ke serat karbon tahun 2018. Aprilian juga sudah mengembangkan lengan ayun serat karbon.

Artinya bisa dibilang, Yamaha ketinggalan zaman jika dibandingkan tim pabrikan lainnya. Menariknya, Rossi menceritakan dirinya sudah meminta timnya untuk memakai lengan ayun serat karbon sejak lama.

"Saya sudah meminta sejak lama. Saya pikir lengan ayun serat karbon bisa membantu kami. Jadi saya harap Yamaha dapat menggunakannya pada lomba secepat mungkin," kata Valentino Rossi.

Untuk diketahui, setelah melakoni dua hari tes privat di Misano, 29-30 Agustus, semua tim dan pembalap akan kembali ke sirkuit tersebut untuk mengikuti lomba putaran ke-13 MotoGP 2019, 15 September.*

Breaking News Monster Yamaha MotoGP MotoGP 2019 Valentino Rossi Maverick Vinales
Ditulis Oleh

Hendry Wibowo

Motorsports Enthusiast and Giallorossi Fan
Posts

2.794

Bagikan