BolaSkor.com - Kabar mengejutkan didapat Jonas Folger. Bagaimana tidak, secara mendadak ia mendapat kabar dirinya didepak Yamaha sebagai pembalap penguji untuk MotoGP 2020.

Untuk diketahui, Folger berstatus pembalap penguji Yamaha sejak awal musim 2019. Ini merupakan comeback pembalap asal Jerman itu sejak mengalami sakit pada akhir tahun 2017.

Baca Juga:

Marc Marquez Sudah Pikirkan Lawan Beratnya di MotoGP 2020

Dua Faktor yang Membuat Maverick Vinales Sangat Cepat

Pada keterangan resminya, Folger menceritakan padahal awalnya sudah kesepakatan verbal antara dirinya bersama Yamaha untuk memperpanjang kerja sama ke MotoGP 2020.

Namun nyatanya pabrikan asal Jepang itu memutuskan tidak lagi memperkerjakan pembalap penguji selain dari negara mereka. Artinya pengujian motor Yamaha YZR-M1 sepanjang tahun 2020 bakal dilakukan secara eksklusif oleh pembalap asal Jepang.

"Kabar buruk ini sangat mengejutan buat saya. Saya sudah mempunyai perjanjian verbal bersama Yamaha bahwa mereka ingin memperpanjang kontrak saya dan bahkan melebarkan proyek ini," kata Folger.

Kini Folger sedang pusing lantaran diambang jadi pengangguran sepanjang tahun 2020. Karena kursi kosong tim bergengsi di MotoGP maupun Superbike sudah tidak ada.

Nahasnya sebelum keputusan mengejutkan Yamaha tidak memperkerjakannya, Folger sudah menolak tawaran dari tim Moto2 maupun Superbike.

"Rasa kekecewaan saya begitu besar. Karena saya benar-benar mencurahkan fokus untuk proyek ini dan menolak semua opsi yang sempat datang kepada saya musim depan," Folger menjelaskan.*