Yamaha Ungkap Penyebab Masalah Utama di Musim Ini

Andhika PutraAndhika Putra - Selasa, 01 November 2022
Yamaha Ungkap Penyebab Masalah Utama di Musim Ini

BolaSkor.com - Setelah sempat bungkam, bos Yamaha, Lin Jarvis akhirnya membeberkan kendala yang dihadapi Yamaha dalam melakukan inovasi mesinnya. Tim yang bermarkas di Iwata Jepang ini.

Fabio Quartararo akan menghadapi balapan penentuan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Balapan penutup itu akan menjadi ajang pertaruhan dalam memperebutkan gelar juara.

Namun bukan perkara mudah bagi Quartararo untuk bersaing melawan Francesco Bagnaia di balapan tersebut. Pembalap berjuluk El Diablo ini harus melawan Bagnaia menggunakan motor yang kurang kompetitif.

Terbukti pada tiga balapan terakhir, Quartararo kerap mengalami permasalahan klasik, motor yang kurang bertenaga. Alhasil pembalap asal Perancis itu selalu kalah ketika melakukan duel melawan Bagnaia. Puncaknya saat Bagnaia mendepak Quartararo dari posisi kepemimpinan klasemen sementara di MotoGP Australia.

Padahal sejak musim lalu, El Diablo meminta kepada Yamaha untuk melakukan inovasi terhadap mesin motornya. Quartararo ingin pabrikan berlambang garpu tala ini menciptakan mesin yang lebih bertenaga agar bisa mengejar Ducati.

Terkait hal ini, Jarvis akhirnya buka suara. Dia menjelaskan alasan kenapa Yamaha belum bisa memenuhi permohonan Quartararo di musim ini.

“Saya bisa menghomologasinya. Jadi tidak masuk akal untuk menggunakan mesin yang lebih bertenaga jika pada akhirnyatidak dapat bertahan lama,” jelas Jarvis, dikutip dari tuttomotoriweb.it.

“Musim ini dia mengendarai motor yang memiliki tenaga selevel motor musim 2021 dan tentu dia tidak menyukainya. Quartararo bisa saja jauh lebih kritis kepada kami dibandingkan ke diri sendiri, atas hal ini kita berterima kasih kepadanya,” tambahnya.

Namun bukan berarti kritikan yang dilontarkan Quartararo tidak didengar oleh Yamaha. Jarvis menegaskan, Yamaha telah melakukan upaya keras untuk memenuhi keinginan peraih gelar juara musim 2021 ini.

Salah satunya dengan merekrut insinyur kenamaan, Luca Marmorini. Berbekal pengalamannya di dunia Formula 1 dan juga keberhasilannya dalam mengembangkan mesin Aprilia V4, Yamaha berharap Luca dapat membawa perubahan besar.

Penulis: Bintang Rahmat

Breaking News Motogp Motogp 2022 Fabio Quartararo
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.247

Bagikan