BolaSkor.com - Chelsea sudah melakukan pembelanjaan pertama di jendela transfer Januari dengan menggaet Christian Pulisic dari Borussia Dortmund. Meski sudah membayar 58 juta pounds atau Rp1,057 triliun, Chelsea tidak langsung bisa memakai jasa pemain asal Amerika Serikat itu.

Pulisic baru akan bergabung dengan Chelsea pada setelah musim ini berakhir. Saat ini Pulisic masih akan membela Dortmund sebagai pemain pinjaman hingga akhir musim.

Menarik untuk menilik apa yang akan dibawa Pulisic ke Chelsea saat bergabung dengan pasukan Maurizio Sarri nanti. Tidak diragukan lagi, meski baru berusia 20 tahun, Pulisic merupakan salah satu prospek paling panas di Bundesliga.

Baca Juga: Christian Pulisic dalam Angka

Tidak heran jika Chelsea tidak mau membuang kesempatan untuk merekrutnya, karena si pemain sudah menjadi bidikan banyak klub, salah satunya Liverpool.

Usia boleh saja baru 20 tahun, namun Pulisic sudah merasakan asam garam di Bundesliga. Total, dia sudah 81 kali tampil di kompetisi level tertinggi Jerman dan menjadi langganan skuat utama sejak 2016-17.

Di Jerman, Pulisic biasa menempati sisi kanan dalam trisula di belakang ujung tombak tunggal Dortmund. Sistem yang tidak begitu berbeda dengan yang diterapkan Sarri, meski tidak persis serupa.

Yang menjadi pertanyaan, posisi mana yang pas bagi Pulisic di Chelsea? Siapa yang akan bersaing dengannya? Siapa yang diuntungkan atau dirugikan dengan kedatangannya?

Baca Juga: Perekrutan Christian Pulisic Bukan Permintaan Maurizio Sarri?

Yang Diuntungkan

Penyerang Chelsea

Di Dortmund Pulisic menjalankan tugasnya sebagai penyuplai bola kepada penyerang dari sisi kanan. Ini tentu akan sangat menguntungkan penyerang Chelsea, siapapun itu.

Melihat statistik, Pulisic rata-rata melepaskan 3,16 umpan silang per laga di Bundesliga. Angka ini lebih tinggi dibandingkan Willian atau Pedro, dua pemain yang biasa menghuni sisi kanan Chelsea.


Fans Chelsea

Mendatangkan pemain muda dengan talenta besar seperti Pulisic tentu akan jadi pemacu gairah suporter Chelsea. Potensi besar jangka panjang yang ditawarkan Pulisic patus disyukuri fans The Blues.

Fans Chelsea

Tidak hanya itu, pendukung Chelsea dipastikan gembira karena klub kesayangan mereka mendapatkan pemain yang diincar banyak klub, khususnya dari Inggris.

Menarik ditunggu bagaimana proses adaptasi dari Pulisic. Dan, pastinya suporter Chelsea sudah tak sabar menyaksikan Pulisic berkostum biru.


Maurizio Sarri

Tersiar kabar bahwa Maurizio Sarri tidak tahu apa-apa terkait perekrutan Pulisic. Namun, satu hal yang perlu diragukan, Sarri sangat beruntung The Blues berhasil menggaet Pulisic.

Hingga saat ini, Sarri belum sepenuhnya berhasil menerapkan pola permainan khasnya. Dengan Pulisic, Sarri memiliki pemain yang sudah tidak asing dengan permainan Sarri, yang tidak jauh berbeda dengan Dortmund.

Maurizio Sarri

Sebelumnya, Sarri pernah dikabarkan ingin mendapatkan Dries Mertens, anak asuhnya di Napoli. Hal ini untuk mempermudah Sarri menerapkan sistem di Chelsea, mekengkapi Jorginho yang sudah terlebih dulu mengikutinya.

Pulisic dinilai memiliki permainan serupa denga Mertens. Bukan tidak mungkin, Pulisic adalah kepingan yang dibutuhkan Sarri.

Yang Dirugikan