Yang Perlu Diketahui Sebelum Menonton Premier League 2019-20

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 09 Agustus 2019
Yang Perlu Diketahui Sebelum Menonton Premier League 2019-20
Wasit Premier League (premierleague)

BolaSkor.com - Akhir pekan ini, tirai panggung Premier League 2019-20 resmi dibuka. Kompetisi yang digadang-gadang terbesar di dunia kembali akan menyita perhatian penggila sepak bola dunia.

Namun, memasuki musim baru ini, banyak hal baru yang terjadi di Premier League, termasuk beberapa peraturan. Msalnya, mulai digunakannya Video Assistant Referee alias VAR, aturan handball, tendangan gawang, hingga kartu kuning dan merah.

Karena itu, agar tidak terkejut dengan semua itu, BolaSkor.com menguraikan hal-hal baru yang perlu diketahui sebelum menonton Premier League.


Handball

Aturan lama

Baru dianggap handball jika sengaja menyentuh bola dengan tangan. Dua hal yang menjadi perhitungan wasit: pergerakan tangan pemain ke arah bola dan jarak antara si pemain dengan pemain lain yang sebelumnya mengusai bola.

Aturan baru

Jika pemain sengaja menyentuh bola otomatis handball. Namun kali ini, pelanggaran juga diberikan jika pemain secara insidental menciptakan peluang atau mencetak gol memakai tangan.

Jika tangan mengangkat melebihi bahu wasit bisa menyatakan handball meski tak sengaja. Hal serupa jika si pemain melakukan gerakan tangan tidak natural dengan tujuan membuat tubuhnya lebih besar.

Namun, wasit dapat tidak memberi pelanggaran jika bola mengenai tangan atau lengan dari jarak dekat, posisi tangan dekat dengan tubuh, atau tangan sedang menyokong tubuh saat terjatuh.


VAR

Aturan lama

Sebelum VAR, keputusan wasit di atas lapangan adalah final. Meski wasit masih bisa mengoreksi keputusannya sebelum bola kembali bermain.

Aturan baru

VAR digunakan untuk gol, penalti, kartu merah, dan kasus salah identifikasi. Aturan ini sudah diadaptasi di banyak kompetisi seperti Piala Dunia, Liga Champions, hingga Piala FA.

Di Premier League, wasit akan dibantu oleh tim VAR yang bermarkas di Stockley Park, markas komisi wasit Premier League. Tim VAR akan memberi masukan kepada wasit terkiat situasi-situasi di atas.

Wasit juga bisa meneliti sendiri rekaman video kejadian lewat layar di pinggir lapangan.

Wasit bisa meminta para pemain kembali masuk lapangan meski peluit paruh waktu atau akhir sudah ditiup. Hal ini jika wasit memutuskan untuk membatalkan sebuah keputusannya sebelum peluit ditiupkan.

Penonton dalam stadion akan diberitahu lewat layar ketika wasit sedang meminta bantuan VAR. Kemudian penonton akan melihat alasan di balik keputusan yang diambil.

Tendangan Gawang

Aturan lama

Semua pemain harus berada di luar kotak penalti saat tendangan gawang dilakukan. Bola dianggap hidup setelah melewati area penalti.

Aturan baru

Bola hidup seketika setelah ditendang dan bergerak. Penerima operan tendangan gawang boleh menerima bola di dalam kotak penalti. Pemain lawan diperbolehkan berada di dalam area penalti jika memang tendangan gawang sudah dilakukan sedangkan dia belum sempat berada di luar kotak penalti. Dalam situasi ini, pemain tersebut bisa intersep tendangan gawang.


Pergantian Pemain

Aturan lama

Pemain yang digantikan harus keluar lewat tengah lapangan, meski selama ini tak ada kewajiban soal ini.

Aturan baru

Pemain yang digantikan harus keluar dari titik terdekat kecuali wasit meminta pemain keluar di sisi di mana asisten wasit mengangkat papan nomor dengan alasan keamanan. Artinya, jika pemain yang digantikan sedang berada di sudut lapangan lawan, maka dia harus keluar lapangan dari sisi tersebut.

Kartu Kuning atau Merah

Aturan lama

Permainan tidak boleh dilanjutkan sampai wasit selasai dengan urusan mengeluarkan kartu kuning atau merah.

Aturan baru

Jika tim yang sedang menyerang menghendaki dan wasit belum memutuskan untuk mengeluarkan kartu, mereka bisa langsung melakukan tendangan bebas cepat selama itu bisa menciptakan peluang gol. Setelah bola mati, wasit baru mengeluarkan kartu kepada pemain yang membuat pelanggaran sebelumnya.

Namun, jika tim penyerang memutuskan untuk melakukan tendangan bebas cepat, wasit hanya akan memberikan kartu kuning kepada pemain yang melakukan pelanggaran yang mengagalkan peluang lawan mencetak gol. Sejatinya, ini merupakan pelanggaran yang berbuah kartu merah. Tapi, jika lawan memutuskan langsung melakukan tendangan bebas cepat, wasit hanya mengeluarkan kartu kuning.

Premier League Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.069

Bagikan