BolaSkor.com - Kehamilan kerap kali dianggap sebagai akhir karier bagi atlet wanita. Bukan tanpa alasan, banyak dari mereka yang kehilangan kontrak sponsor bahkan kerja sama setelah mengungkapkan mengandung.

Mungkin atlet pria semacam Cristiano Ronaldo atau LeBron James tidak akan memikirkan konsekuensi hamil dan melahirkan. Namun, hal berbeda dialami oleh kolega wanita mereka.

Pelari asal Amerika Serikat, Phoebe Wright, pernah mengatakan, "kehamilan adalah kematian bagi atlet perempuan. Tidak mungkin saya mengatakan ke sponsor saya sedang hamil."

Baca Juga:

Kemenpora dan Tiga Cabor Olimpiade Tanda Tangani MoU Terkait Dana Pelatnas

Atlet Timnas Voli Galang Donasi untuk Atlet Voli yang Terancam Amputasi

Yolla Yuliana. (Instagram @yollayuliana1515)

Mungkin, kondisi yang sama dirasakan oleh pevoli putri Indonesia, Yolla Yuliana. Langganan Timnas Voli Putri Indonesia itu terpaksa absen dari Asian Games 2018 karena hamil.

Menikah pada Oktober 2017, Yolla mengurus keluarga kecilnya tersebut. Ketika mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Voli Indonesia, Yolla diketahui tengah mengandung.

Alhasil, demi kelancaran proses kehamilannya Yolla memilih untuk mundur. Memang berat, namun saat itu pevoli asal Bandung tersebut legowo karena alasan yang lebih penting, kehamilan.

Absen dari ajang sekelas Asian Games 2018 apalagi berlangsung di negaranya sendiri tentu merupakan pengorbanan besar. Apalagi Yolla pernah menyumbangkan medali perak SEA Games pada edisi 2017.

Setelah melahirkan, ternyata Yolla juga diketahui menderita cedera bahu. Sepanjang akhir 2019 silam, dia pun fokus untuk memulihkan diri pasca melahirkan dan cedera tersebut.