Yusuf Ekodono Ingin Pemain Muda Indonesia Ikuti Jejak Pratama Arhan

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 18 Februari 2022
Yusuf Ekodono Ingin Pemain Muda Indonesia Ikuti Jejak Pratama Arhan
Pratama Arhan. (PSIS)

BolaSkor.com - Mantan pemain Timnas Indonesia, Yusuf Ekodono memuji keberanian Pratama Arhan menerima ajakan gabung klub Liga 2 Jepang, Tokyo Verdy. Pemain muda lain diharapkan mengambil langkah yang sama.

Pratama Arhan sempat dikait-kaitkan dengan klub-klub Korea Selatan, usai tampil bagus bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Namun, beberapa pekan berjalan, tak ada kelanjutan dari rumor itu.

Justru kejutan hadir ketika Tokyo Verdy mengumumkan bergabungnya Arhan, Rabu (6/2). Sontak instagram resmi klub J-League 2 langsung diserbu para netizen Indonesia.

Kabar bahagia ini turut didengar Yusuf Ekodono. Legenda hidup Persebaya ini senang dengan keputusan Arhan meninggalkan Liga 1 dan berkiprah di Jepang.

"Saya harap memang seperti itu. Ada banyak pemain yang berkiprah di luar negeri, untuk ke depannya Indonesia mengejar ketertinggalan. Harus banyak yang main di luar negeri," kata Yusuf Ekodono, Kamis (17/2) sore.

Baca Juga:

Pratama Arhan Bakal Dilepas Langsung ke Jepang oleh Ketum PSSI

Ganjar Pranowo dan Bupati Blora Tanggapi Transfer Pratama Arhan ke Tokyo Verdy

Yusuf Ekodono melihat ada banyak pemain muda Indonesia yang layak berkiprah di luar negeri. Salah satunya gelandang muda Persebaya, Marselino Ferdinan.

"Saya lihat Marcelino ada potensi ke situ (main di luar negeri), tapi saya harap jangan hanya Marcelino. Pemain muda lain juga bisa berkiprah di luar negeri," tutur Yusuf Ekodono.

Yusuf Ekodono menilai, menyebar pemain Indonesia untuk berkiprah di Eropa dan Asia Timur menjadi cara cepat untuk meningkatkan level Timnas Indonesia.

Asnawi menjadi salah satu yang sudah terlihat hasilnya, setelah main di Liga Korea Selatan bersama Ansan Greeners. Ada pula Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman yang berkiprah di Slovakia.

"Saya lihat perkembangannya (Asnawi) bagus. Memotivasi anak-anak sini juga untuk bisa bermain di Liga Korea. Paling tidak Asnawi sudah membuka jalan untuk teman-temannya yang ingin berkiprah di Korea," papar Yusuf Ekodono.

Yusuf Ekodono juga berharap lebih dari program Garuda Select. Dia ingin para pemain yang sudah ditempa di Inggris tak berkarir di Eropa dan mencari klub di Eropa. (Laporan Kontributor Putra Wijaya)

Pratama Arhan Alif Timnas Indonesia PSIS Semarang Tokyo Verdy J League Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.859

Bagikan