BolaSkor.com - Kebakaran terjadi di bangunan bersejarah Prancis, Katedral Notre Dame, pada Selasa (16/4) dini hari WIB. Si Jago Merah menghancurkan dua pertiga atap kayu serta beberapa bagian lainnya, seperti kaca berbentuk lingkaran dan menara.

Belum diketahui pasti apa penyebabnya, diduga kebakaran terjadi karena proyek pemugaran yang sedang berlangsung. Kabar itu terdengar ke seluruh dunia, Eropa, dan tentunya masyarakat Prancis. Mereka terkejut dengan kabar itu.

Maklum, Notre Dame bukanlah sekedar bangunan biasa, melainkan peninggalan sejarah yang menjadi saksi bisu konflik dunia. Notre Dame selamat dari Perang Dunia I dan II dan di tahun 1944, ketika Prancis terbebas dari penjajahan Jerman, lonceng di gereja berbunyi dan rakyat menyambutnya dengan suka cita.

Baca Juga:

Hasil Liga Eropa: Arsenal Menang Tipis, Real Madrid Ditahan Imbang di Butarque

Zinedine Zidane Sebut Banyak Pemain Real Madrid Bisa Dijual

Kebakaran Notre Dame

Bangunan itu konon katanya dibentuk pada 1160 pada era kepemimpinan Uskup Maurice de Sully. Melalui proses pembangunan yang panjang - hingga 200 tahun lamanya - dan melewati momen bersejarah Revolusi Prancis, Notre Dame terus berdiri kokoh meski benda-benda dan patung di dalamnya pernah dirusak oleh massa.

Notre Dame juga pernah digunakan untuk pelantikan Napoleun sebagai Kaisar Prancis. dan menjadi inspirasi tulisan Victor Hugo berjudul "The Hunchback of Notre-Dame" yang kemudian diangkat menjadi film kartun di tahun 1996.

Begitu banyak cerita dari bangunan yang menjadi kebanggaan masyarakat Prancis itu, sehingga wajar, saat mendengar kabar kebakaran itu, beberapa pesepakbola, Prancis atau yang sedang berkarier di Prancis, turut memberikan komentarnya di sosial media.

Akun Twitter Neymar

Zinedine Zidane, ikon sepak bola Prancis yang kini melatih Real Madrid, juga turut sedih mendengarkan kabar tersebut. Zidane mengutarakannya dalam konferensi pers setelah hasil imbang 1-1 kontra Leganes di LaLiga.

"Mengenai Paris, apa yang ingin saya beritahukan kepada Anda ... seperti biasanya, ketika hal-hal seperti ini terjadi, di seluruh dunia, hari ini di Paris sangatlah rumit dan saya tak ingin hal-hal ini terjadi kepada siapa pun," tutur Zidane, dikutip dari Goal.

"Kami mendapatkan kabar itu saat sedang melakukan pemanasan, saya harap tidak ada korban di dalamnya dan itu saja."

Ucapan kesedihan juga diutarakan oleh Kylian Mbappe, Neymar, Bafetimbi Gomis, Didier Drogba, Alexandre Lacazette, hingga Roberto Mancini di akun Twitter dan Instagram mereka.

Instagram Roberto Mancini

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, berkata kemungkinan terburuk telah dihindari dan ia juga mengatakan bahwasanya akan ada pengumpulan dana internasional untuk membangun kembali Notre Dame.

"Notre dame sejarah kami, literatur kami, penggambaran tentang negara kami. Itu tempat bersejarah banyaknya momen-momen terhebat, dari perang ke pandemik hingga pembebasan. Sejarah milik kami dan sekarang terbakar. Terbakar dan saya tahu kesedihan yang sangat dirasakan begitu banyak orang Prancis," tutur Macron.