BolaSkor.com - Reputasi Zlatan Ibrahimovic sebagai salah satu penyerang terbaik dunia tak perlu diragukan lagi. Meskipun ia hanya berasal dari Swedia yang prestasi timnasnya kurang terdengar.

Swedia memang pernah menjadi runner-up Piala Dunia. Namun momen itu terjadi 62 tahun lalu saat berstatus sebagai tuan rumah.

Sementara prestasi terbaru Swedia yang pantas dibanggakan mungkin hanyalah semifinal Piala Eropa 1992. Hal itu juga terbantu dengan status tuan rumah.

Baca Juga:

5 Bintang Premier League yang Berpeluang Besar Akan Dipinjamkan

5 Perseteruan Rekan Setim dalam Sesi Latihan yang Paling Terkenal

Ray Clemence dan Barisan Kiper Legendaris Timnas Inggris

Ditengah prestasi Swedia yang kurang mentereng, Ibrahimovic mampu menjadi oase. Deretan prestasi meski hanya di level klub setidaknya membuktikan negara Skandinavia itu patut diperhitungkan.

Ibrahimovic sudah bermain di liga-liga elite Eropa kecuali Jerman. Hasilnya, ia selalu mampu menegaskan diri sebagai penyerang tajam.

Berbagai trofi domestik mampu dipersembahkan Ibrahimovic untuk klub yang dibelanya. Hanya trofi Liga Champions yang belum didapatkannya.

Deretan rekor individu juga berhasil dipecahkannya. Terbaru, Ibrahimovic memecahkan rekor sebagai pemain tertua yang mampu mencetak 10 gol dari delapan pekan awal Serie A.

Jika ditotal, Ibrahimovic sudah mencetak 478 gol dari 771 laga di level klub. Ia juga berstatus sebagai top skorer sepanjang masa Timnas Swedia dengan koleksi 62 gol.

Namun Ibrahimovic bukan penyerang asal Swedia pertama yang mampu mengguncang Eropa. Setidaknya ada tiga seniornya yang reputasinya di benua biru tak kalah harum.

Berikut tiga penyerang asal Swedia selain Ibrahimovic yang kualitasnya cukup disegani di Eropa:

1. Gunnar Nordahl

Gunnar Nordahl

Gunnar Nordahl bisa dibilang sebagai penyerang berkebangsaan Swedia pertama yang disegani di Eropa. Reputasinya sebagai raja gol tak perlu diragukan.

Pemain yang lahir pada 19 Oktober 1921 merupakan top skorer sepanjang masa AC Milan. Nordahl mencetak 210 gol di Serie A atau 221 gol di semua kompetisi selama 6,5 tahun membela Rossoneri.

Sebelum memperkuat Milan, Nordahl menghabiskan kariernya bersama tiga klub Swedia yaitu Hornefors IF, Degerfors IF, dan IFK Norrkoping. Ia total mencetak 217 gol di Liga Swedia.


2. Henrik Larsson

Henrik Larsson

Saat Ibrahimovic baru mulai meniti karier, pecinta sepak bola lebih familiar dengan nama Henrik Larsson. Pemain berkepala plontos itu mulai mencuri perhatian saat membela raksasa Skotlandia, Glasgow Celtic pada musim 1997-1998.

Bersama Celtic, Larsson menjelma menjadi salah satu penyerang. Namun kariernya sempat meredup usai menderita patah kaki di dua tempat pada Oktober 1999.

Beruntung Larsson mampu bangkit dari keterpurukan. Semusim pasca cedera parah, Larsson mampu mencetak 35 gol dari 37 laga di Liga Skotlandia.

performanya terus konsisten hingga Barcelona memboyongnya pada musim panas 2004. Meski berstatus sebagai pemain pelapis, Larsson menjadi pahlawan Blaugrana di final Liga Champions 2006.

Larsson juga sempat bermain untuk Manchester United dengan status pinjaman selama tiga bulan pada awal 2007. Ia kini bekerja sebagai asisten pelatih Barcelona asuhan Ronald Koeman.


3. Kennet Andersson

Kennet Anderson

Nama Kennet Andersson memang tidak seterkenal Ibrahimovic, Nordahl, dan Larsson. Namun ketajamannya cukup bisa mengimbangi meski lebih banyak menghabiskan waktu bermainnya bersama klub semenjana.

Andersson mulai banyak disorot saat menjadi rekan duet Giuseppe Signori di Bologna pada musim 1998-1999. Meskipun ia tiba dua musim sebelumnya.

Bersama Bologna, Andersson total mencetak 26 gol dari 86 pertandingan. Ia sempat pindah ke Lazio pada awal musim 1999-2000 sebelum kembali lagi di paruh musim.

Total, Andersson mencetak 163 gol dari 488 laga di level klub. Sementara bersama Timnas Swedia, ia mengoleksi 31 gol dari 83 penampilan.