BolaSkor.com - Ada pemandangan menarik ketika Timnas Indonesia mengalahkan Guyana 2-1, pada laga uji coba internasional di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Sabtu (25/11/17) malam WIB kemarin. Di mana para peserta kursus kepelatihan lisensi C AFC hadir di stadion.

Seperti diketahui, Federasi Sepak Bola Indonesia, PSSI kembali menggelar kursus kepeatihan lisensi C AFC di Sawangan, Depok, 18 November hingga 30 November 2017. Sejumlah nama mantan pemain Timnas Indonesia dan beberapa pemain aktif mengikuti kursus kepelatihan lisensi C AFC.

Mereka di antaranya adalah Jandri Pitoy, Markus Horison, Feri Rotinsulu, Arif Suyono, Zulkifli Syukur, Ambrizal, Maman Abdurrahman, Ade Suhendra, hingga Hamka Hamzah.

Zulkifli Syukur mengungkapkan tujuan para peserta kursus kepelatihan lisensi C AFC hadir di laga Timnas kontra Guyana.

"Kalau dibilang ujian sih bukan, dibilang tugas iya. Kita (para peserta) disuruh mantau saja. Karena ini bagian dari topik pelajaran di kursus kepelatihan C AFC," ungkap Zulkifli Syukur selepas laga Timnas Vs Guyana.

Di sisi lain, ia menampik bahwa pengambilan kursus kepelatihan C AFC ini sebagai kode untuk pensiun dari pemain sepak bola profesional.

"Saya masih ingin main bola empat sampai lima tahun ke depan. Sekarang gini aja, ada peserta (lisensi C AFC) itu pak Syamsudin Umar, umurnya sudah 65 tahun, masa kita yang muda tidak ingin menimba ilmu. Beliau saja sudah tua masih mau belajar. Pokoknya, teman-teman (pemain yang aktif) mengambil lisensi C AFC bukan untuk pensiun cepat," ujar Zulkifli Syukur.

"Saya masih ingin main bola, saya belum pikirkan pensiun. Lisensi ini sebagai bekal saya, ketika saya berhenti (pensiun) tidak terburu-buru untuk kursus pelatih," tutup bek sayap kanan PSM Makassar tersebut.