BolaSkor.com - Premier League musim 2020-2021 akan dimulai pada Sabtu (12/9). Duel Fulham kontra Arsenal dipilih sebagai laga pembukanya.

Berbeda dengan sebelumnya, Premier League musim 2020-2021 harus dimulai pada bulan September. Padahal biasanya kompetisi kasta tertinggi sepak bola Inggris tersebut dimulai pada Agustus.

Hal ini tak lepas dari efek pandemi virus corona yang melanda dunia. Masalah ini membuat jalannya kompetisi musim lalu molor dari jadwal semula.

Baca Juga:

Prediksi Fulham Vs Arsenal: Sejarah Memihak The Gunners

7 Statistik Menarik Jelang Derby London Fulham versus Arsenal

Susunan Pemain Terbaik Premier League Versi FIFA 21, Fans Arsenal Protes soal Aubameyang

Tampilnya Arsenal pada laga pembuka Premier League bukanlah sesuatu hal yang asing. Sejak Premier League bergulir pada 1992 silam, The Gunners sudah enam kali mendapat kesempatan ini.

Bahkan Arsenal langsung tampil pada laga pembuka musim pertama Premier League pada 1992-1993. Sayang saat itu tim yang ditangani George Graham harus takluk 2-4 atas Norwich City.

Meski begitu, Arsenal punya rekor cukup mentereng saat mendapat kesempatan membuka Premier League. Dari enam kesempatan, mereka empat kali memenanganinya.

Berikut ini empat kemenangan Arsenal di laga pembuka Premier League:


1. Arsenal vs West Ham United 1996-1997

Premier League musim 1996-1997 dibuka dengan laga bertajuk Derby London. Arsenal menjamu West Ham United di Highbury.

Saat itu Arsenal tengah dalam masa transisi usai memecat Bruce Rioch. Stewart Houston dipercaya menangani Dennis Bergkamp dan kawan-kawan sebagai caretaker.

Di sisi seberang, West Ham yang ditangani Harry Redknapp mengandalkan sejumlah pemain muda. Salah satunya adalah Frank Lampard.

Arsenal akhirnya mampu memenangi pertandingan dengan skor 2-0. Dua gol kemenangan itu dicetak oleh John Hartson dan eksekusi penalti Bergkamp.


2. Arsenal vs Leicester City 1999-2000

Tiga tahun berselang, Arsenal kembali mendapat kehormatan untuk membuka musim Premier League. Kali ini mereka menjamu Leicester City di Highbury.

Saat itu, reputasi Arsenal sangat disegani. Mereka menjadi rival utama Manchester United dalam perburuan gelar.

Fakta tersebut nyatanya tak membuat Leicester City gentar. Tim asuhan Martin O'Neill tersebut memberikan perlawanan sengit kepada Arsenal.

Leicester bahkan mampu unggul lebih dulu saat Tonny Cottee membobol gawang Alexander Manninger pada menit ke-57. Namun hal itu tak membuat Arsenal panik.

Arsenal hanya butuh waktu delapan menit untuk menyamakan kedudukan. Dennis Bergkamp mencatatkan namanya di papan skor.

Arsenal akhirnya menang secara dramatis lewat gol di masa injury time. Frank Sinclair melakukan gol bunuh diri sehingga laga berakhir dengan skor 2-1.


3. Arsenal vs West Bromwich Albion 2008-2009

Arsenal menjamu West Bromwich Albion pada laga pembuka Premier League 2008-2009. Kali ini klub asal London itu sudah memiliki kandang baru, Emirates Stadium.

Pada masa itu, prestasi Arsenal mulai menurun. Kebijakan Arsene Wenger mengandalkan banyak pemain muda kurang membuahkan hasil.

Namun Arsenal tetaplah Arsenal. Mereka mampu mengawali kompetisi musim tersebut dengan kemenangan.

Arsenal menaklukkan West Brom dengan skor tipis 1-0. Samir Nasri menjadi pahlawan dengan gol cepatnya ketika laga baru berjalan empat menit.


4. Arsenal vs Leicester City 2017-2018

Setelah 17 tahun, Arsenal kembali bertemu Leicester City pada laga pembuka Premier League. Momen itu terjadi pada musim 2017-2018.

Pertandingan ini bisa dibilang sebagai salah satu laga pembuka Premier League terseru sepanjang sejarah. Arsenal dan Leicester terlibat aksi kejar-mengejar gol.

Arsenal langsung unggul pada menit kedua lewat rekrutan anyarnya, Alexandre Lacazette. Namun Leicester hanya butuh waktu tiga menit untuk menyamakan kedudukan lewat Shinji Okazaki.

Leicester kemudian berbalik unggul saat Jamie Vardy membobol gawang Petr Cech pada menit ke-29. Sayang, keunggulan itu tak bertahan lama karena Danny Welbeck mampu membalas sehingga babak pertama berakhir dengan skor 2-2.

Kejar-mengejar gol kembali terjadi di babak kedua. Vardy kembali membawa Leicester unggul lewat sundulan di menit ke-56.

Arsenal kemudian melakukan comeback gemilang di penghujung laga. Dua gol mereka ciptakan hanya dalam tempo dua menit lewat aksi Aaron Ramsey dan Olivier Giroud.

Skor 4-3 untuk kemenangan Arsenal akhirnya bertahan hingga laga usai. Sayang performa heroik itu gagal dipertahankan mereka sampai akhir musim.