4 Klub di Final Kompetisi Eropa, Inggris Runtuhkan Dominasi Spanyol

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Jumat, 10 Mei 2019
4 Klub di Final Kompetisi Eropa, Inggris Runtuhkan Dominasi Spanyol
Arsenal. (Twitter Arsenal)

BolaSkor.com - Arsenal dan Chelsea memastikan duel sesama tim Inggris di final Liga Europa 2018-2019. Keduanya menyusul kesebelasan senegaranya, Tottenham serta Liverpool yang bertanding di final Liga Champions.

Leg kedua semifinal Liga Europa 2018-2019 berlangsung serentak pada Kamis (9/5) waktu setempat. Arsenal bersua Valencia, sementara Chelsea menjamu Frankfurt.

Arsenal yang melawat ke markas Valencia mengantongi kemenangan 3-1 pada laga leg perdana. The Gunners pun semangat berlaga di Stadion Mestalla di leg kedua.

Sayangnya Arsenal justru kebobolan terlebih dulu pada menit ke-11. Bola sepakan Kevin Gameiro melesat mulus ke gawang yang dikawal oleh Petr Cech.

Baca Juga:

Chelsea 1-1 (4-3 Pen) Eintracht Frankfurt: Menang Adu Penalti, The Blues Tantang Arsenal di Final

Valencia 2-4 Arsenal: Hattrick Aubameyang Membawa The Gunners ke Final

Chelsea

Beruntung Arsenal memiliki pemain sekelas Pierre-Emerick Aubameyang yang mencetak tiga gol. Sementara itu, satu gol The Gunners lain dibukukan Alexandre Lacazette.

Sementara itu, Chelsea yang bermain di kandang sendiri di Stamford Bridge unggul cepat. Memanfaatkan bola umpan Eden Hazard, Ruben Loftus-Cheek mencatatkan nama di papan skor.

Sayangnya Luka Jovic membuat Frankfurt menyamakan kedudukan. Setelah bermain imbang selama waktu normal dan babak tambahan, laga dilanjutkan ke babak adu penalti.

Di sini, Dewi Fortuna berpihak ke Chelsea. Dua penendang Frankfurt, Martin Hinteregger dan Goncalo Paciencia gagal melaksanakan tugasnya, sementara dari The Blues hanya Cesar Azpilicueta.

Hasil tersebut membuat terdapat empat klub asal Inggris pada kompetisi Eropa 2018-2019. Ini membuat Inggris memupus dominasi kesebelasan asal Spanyol di Eropa.

Selain itu, ini merupakan kali pertama satu negara mengirimkan empat wakil ke dua final kompetisi Eropa. Paling mendekati adalah tiga negara di dua kompetisi tersebut.

Terdapat enam kesempatan hal itu terjadi. Yaitu tiga klub Spanyol pada 2013-2014 dan 2015-2016 serta tiga klub Italia pada 1988-1989, 1989-1990, 1994-1995, dan 1997-1998.

Chelsea Arsenal Tottenham Liverpool Breaking News Liga Europa Liga Champions
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan