5 Bintang Sevilla yang Pernah Dibajak Barcelona

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 09 Februari 2021
5 Bintang Sevilla yang Pernah Dibajak Barcelona
Seydou Keita dengan Lionel Messi (Twitter)

BolaSkor.com - Hubungan bagus dalam sepak bola tak hanya dimiliki oleh Southampton dan Liverpool, dua klub yang acapkali melakukan transfer pemain serta memberi 'bantuan' atas kebutuhan masing-masing di area tertentu.

Ada juga Sevilla dengan Barcelona di Spanyol. Keduanya bersaing di atas lapangan pertandingan juga rival di LaLiga, akan tapi jika sudah urusan transfer Sevilla menjadi pemberi suplai pemain-pemain berkualitas untuk Barcelona.

Blaugrana - julukan Barcelona - sudah merasakan servis pemain-pemain yang datang dari klub Andalusia tersebut, sebagian besar merasakan kesuksesan dengan Lionel Messi dkk.

Baca Juga:

Pique Tuding Wasit Untungkan Madrid, Koeman Jernihkan Situasi

Jelang Hadapi Barcelona, Pochettino Redam Spekulasi Masa Depan Messi

Thiago Alcantara, Perwujudan Filosofi Sepak Bola Pep Guardiola

Berikut BolaSkor.com memberikan penjabaran lengkap mengenai bintang-bintang Sevilla yang pernah direkrut Barcelona, plus kiprah mereka selama membela klub Catalunya tersebut:

1. Ivan Rakitic

Ivan Rakitic

Mengukir sejarah dengan Sevilla pada medio 2011-2014 dengan memenangi satu titel Liga Europa, Ivan Rakitic juga mempopulerkan namanya sebagai salah satu gelandang top Eropa, pengatur serangan terbaik dari Kroasia selain Luka Modric.

Barcelona merekrutnya sebesar 18 juta euro pada 2014 dan selama enam tahun bermain di Catalunya, Rakitic telah memenangi empat titel LaLiga, empat Copa del Rey, dua Piala Super Spanyol, satu Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Kendati sekarang kembali lagi ke Sevilla, Rakitic meninggalkan Barcelona dengan status legenda klub atas segala kontribusinya itu. Rakitic tidak hanya piawai membantu serangan dan melakukan transisi bermain, tapi juga bekerja keras di sesi bertahan.

2. Seydou Keita

Seydou Keita

Datang sebelum Rakitic. Seydou Keita membela Sevilla pada medio 2007-2008 dan Barcelona merekrutnya sebesar 14 juta euro. Seydou Keita lebih memiliki mindset defensif, melapis lini belakang, tapi juga cepat melakukan transisi bermain.

Gelandang asal Mali empat tahun membela Barcelona dan berada di era keemasaan Pep Guardiola. Dua titel Liga Champions, tiga LaLiga, tiga Piala Super Spanyol, dua Piala Dunia Antarklub, serta Piala Super Eropa diraihnya di sana.

Selepas membela Barcelona Seydou Keita memperkuat Dalian Aerbin, Valencia, Roma, dan pensiun pada 2017 dengan El Jaish. Rakitic dan Keita contoh dua pemain sukses dari Sevilla di Barcelona.

3. Adriano

Adriano

Berbeda dari dua nama sebelumnya, Adriano berposisi sebagai bek kiri (bisa juga jadi bek kanan) dan juga gelandang sayap kiri. Pemain berkaki kidal datang ke Sevilla dari Coritiba pada 2005, bermain lima tahun di sana.

Pemain asal Brasil memenangi dua Copa del Rey, dua Liga Europa, dan satu Piala Super Eropa. Kesuksesannya berlanjut selama enam tahun membela Barcelona. Adriano tak melulu jadi pemain reguler di sana, namun kala dibutuhkan ia melakukan pekerjaannya dengan baik.

Dua titel Liga Champions, empat LaLiga, dan tiga Copa del Rey diraihnya di Barcelona sebelum pindah ke Besiktas pada 2016. Adriano full-back yang rajin membantu serangan dan punya umpan silang bagus.

Kini masih aktif bermain di usia 36 tahun dengan klub Belgia, Eupen setelah memperkuat Besiktas dan Athletico Paranaense.

4. Nando

Nando

Promosi dari akademi Sevilla pada posisi bek tengah yang juga dapat ditempatkan sebagai bek sayap ketika dibutuhkan. Fernando Munoz Garcia alias Nando menghabiskan tiga tahun di tim utama Sevilla, sebelum pergi ke Barcelona pada 1990.

Nando sukses memenangi dua LaLiga dan satu Liga Champions bersama Barcelona. Nando dua tahun bermain dengan Barcelona, tapi bukan sebagai pemain inti. Pada akhirnya ia gabung klub rival Real Madrid dan pensiun pada 2001 di usia 34 tahun.

5. Dani Alves

Dani Alves

Pemain paling sukses di Barcelona setelah pindah dari Sevilla. Dani Alves tak hanya sukses meraup banyak trofi dari LaLiga hingga Liga Champions, tapi juga meninggalkan Camp Nou sebagai legenda di era keemasaan klub.

Dani Alves membela Barcelona selama delapan tahun (2008-2016) setelah sebelumnya memperkuat Sevilla selama enam tahun (2002-2008). Full-back kanan asal Brasil memiliki kelebihan natural kala membantu serangan, mencetak gol dan melepaskan umpan silang.

Dia salah satu pemain terbaik di posisinya dan pengemas 118 caps serta delapan gol dengan timnas Brasil kini membela Sao Paulo, setelah sebelumnya sempat membela Juventus dan PSG.

Pemain lainnya yang sempat membela Barcelona usai direkrut dari Sevilla adalah: Padron (1933-1934), Szalay (1961-1963), Pereda (1961-1969), Gallego (1965-1976), Oliveros (1967-1969), Rubio (1979-1981), dan Serna (1988-1993), Aleix Vidal (2015-2018)

Breaking News Sevilla Barcelona FC Barcelona Trivia Sepak Bola Ivan Rakitic Seydou Keita Dani alves
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan