5 Calon Pengganti Jose Mourinho di Tottenham Hotspur

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Selasa, 20 April 2021
5 Calon Pengganti Jose Mourinho di Tottenham Hotspur
Jose Mourinho (Twitter)

BolaSkor.com - Tottenham Hotspur membuat keputusan mengejutkan dengan memecat sang manajer, Jose Mourinho. Keputusan ini diambil kurang dari sepekan sebelum melakoni laga final Piala Liga 2020-2021 kontra Manchester City.

Penurunan performa yang ditunjukkan Tottenham pada paruh kedua musim ini menjadi alasan utama pemecatan Mourinho. Mereka kini duduk di peringkat ketujuh klasemen sementara Premier League 2020-2021 setelah sempat menampati posisi punak di awal kompetisi.

Mourinho ditunjuk menangani Tottenham sejak November 2019. Ia dipercaya menggantikan Mauricio Pochettino yang dipecat karena alasan yang hampir sama.

Baca Juga:

Nasib Nahas Jose Mourinho, Resmi Dipecat Tottenham Hotspur

Dipecat, Jose Mourinho Tak Terima Pesangon Penuh dari Tottenham

Tak Tinggal Diam, Jose Mourinho Balas Cibiran Paul Pogba

Pada akhir musim tersebut, Mourinho gagal membawa Tottenham lolos ke Liga Champions. Namun petinggi klub asal London Utara itu masih memberikan dukungan dengan memboyong sejumlah bintang termasuk Gareth Bale.

Tangan dingin Mourinho sempat terlihat pada awal musim ini. Selain membawa Tottenham ke puncak klasemen, ia juga sukses mengalahkan Manchester United dengan skor mencolok 6-1.

Namun Mourinho juga terlibat konflik dengan sejumlah pemain Tottenham termasuk Dele Alli. Hal ini juga membuat situasi ruang ganti tak harmonis.

Hasil imbang 2-2 kontra Everton mengakhiri masa kepemimpinan Mourinho di tottenham. Prestasi mengantar Harry Kane dan kawan-kawan ke final Piala Liga seolah tak berarti apa-apa.

Tottenham telah menunjuk Ryan Mason sebagai caretaker hingga musim 2020-2021 berakhir. Pihak klub baru akan serius mencari manajer anyar pada akhir musim nanti.

Sejumlah nama sudah mulai dikaitkan dengan Tottenham. Berikut ini lima manajer yang berpeluang menjadi pengganti Mourinho:

1. Julian Nagelsmann

Julian Nagelsmann

Julian Nagelsmann menjadi salah satu target utama Tottenham pada musim panas nanti. Filosofi juru taktik berusia 33 tahun itu diprediksi sangat cocok dengan karakter The Lilywhites.

Nagelsmann sukses mengubah RB Leipzig menjadi kuda hitam yang disegani di Liga Champions. Padahal tidak ada pemain bintang dalam skuatnya.

Namun mendapatkan Nagelsmann tidak semudah membalikkan telapak tangan. Selain harus meminta izin kepada Leipzig, Tottenham juga harus bersaing dengan Bayern Munchen yang di atas kertas lebih bergengsi.


2. Jurgen Klinsmann

jurgen Klinsmann

Tren mantan pemain sebuah klub beralih menjadi manajer sudah terjadi dalam beberapa musim terakhir. Tottenham mungkin tertarik dengan opsi tersebut.

Tottenham punya sejumlah mantan pemain yang kini beralih profesi menjadi pelatih. Salah satu yang paling mentereng prestasinya tentu Jurgen Klinsmann.

Klinsmann pernah memperkuat Tottenham pada musim 1994-1995. Ia total mencetak 21 gol dari 30 laga di semua kompetisi.

Usai pensiun, Klinsmann langsung dipercaya menangani Timnas Jerman jelang berlaga di Piala Dunia 2006. Setelah itu ia juga ditunjuk menjadi pelatih Bayern Munchen meski hanya satu musim.

Saat ini Klinsmann tengah menganggur usai mundur dari Hertha Berlin. Namun mendatangkan pria berusia 56 tahun itu juga beresiko karena belum teruji membawa timnya juara.


3. Massimiliano Allegri

Massimiliano Allegri

Manajer bernama besar lain yang bisa dibidik Tottenham adalah Massimiliano Allegri. Mantan pelatih AC Milan dan Juventus itu sudah mengannggur selama dua musim terakhir.

Padahal Allegri sudah terbukti sebagai pelatih juara dengan mempersembahkan Scudetto untuk Milan dan Juventus. Sosok seperti ini merupakan yang dicari Tottenham.

Peluang Tottenham untuk mendapatkan Allegri cukup terbuka. Namun mereka harus bergerak cepat karena yang bersangkutan kabarnya juga sudah digoda Juventus untuk kembali.


4. Brendan Rodgers

Brendan Rodgers

Tottenham juga berpeluang membajak manajer dari klub Premier League lainnya. Salah satu opsi yang patut diperhitungkan adalah Brendan Rodgers.

Rodgers terbukti mampu membuat Leicester City tampil kompetitif dalam dua musim terakhir. Mantan manajer Liverpool itu pasti juga tergoda menangani klub yang lebih besar seperti Tottenham.


5. Ryan Mason

Ryan Mason

Ryan Mason memang hanya diberi tugas sebagai caretaker sampai musim 2020-2021 berakhir. Namun status mantan pemain Tottenham itu masih memiliki peluang untuk dipermanenkan.

Syaratnya, Mason harus bisa membawa Tottenham tampil lebih baik. Trofi Piala Liga juga menjadi senjata utama untuk mengubah pendirian petinggi klub.

Mason juga tidak membutuhkan banyak waktu adaptasi karena sudah sangat mengenal kondisi klub. Keputusan ini juga akan membuat Tottenham bisa berhemat karena tak perlu mengeluarkan biaya transfer dan gaji selangit.

Trivia Sepak Bola Tottenham Hotspur Julian Nagelsmann Jurgen klinsmann Massimiliano Allegri Brendan Rodgers Ryan Mason Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan